Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lois

Official Writer
4017


Kebutuhan akan uang tunai memang terkadang menjadi kebutuhan yang harus segera ada pada waktu tertentu. Misalnya seperti tahun ajaran baru, masa-masa liburan, maupun hari-hari besar. Kebutuhan-kebutuhan itu kadang kala tidak diimbangi dengan kesediaan uang tunai yang kita miiliki. Seringkali kita berpikir untuk meminjam uang dari saudara atau tetangga. Nyatanya, bukan tak mungkin mereka juga sedang membutuhkan uang tersebut. Kalau begitu, kenapa Anda tidak coba datang ke pegadaian?

Sesuai namanya, pegadaian adalah tempat dimana Anda bisa datang meminjam uang dengan menggadaikan barang-barang pribadi Anda yang cukup berharga. Mungkin Anda masih ingat dengan slogan pegadaian saat ini, "Mengatasi Masalah Tanpa Masalah." Tidak seperti Anda meminjam uang di bank, Anda harus memiliki agunan dan prosesnya pun bisa memakan waktu berhari-hari, atau pengajuan kartu kredit yang perlu dianalisa terlebih dahulu, di pegadaian Anda tinggal datang membawa barang pribadi Anda dan menunjukkannya di loket penaksir.

Datang ke pegadaian

Di loket penaksir tersebut barang Anda akan dinilai oleh petugasnya. Anda akan diberi tahu mengenai berapa nilai gadai dari barang Anda tersebut. Nilai gadai adalah nilai yang menggambarkan tentang berapa batas jumlah uang yang bisa Anda pinjam dengan menggunakan barang yang bersangkutan. Bila Anda setuju, maka Anda tinggal datang ke loket kredit dan mendapatkan uang tunai yang bisa Anda pinjam.

Bunga yang harus Anda bayarkan

Tentu saja di pegadaian ini ada beban bunga yang harus Anda bayar setiap 15 hari kalau memang Anda berniat untuk menebusnya kembali. Beban bunga itu bervariasi, tergantung dari nilai pinjaman Anda. Untuk pinjaman Rp.5 ribu hingga Rp. 40 ribu dikenakan bunga 1.25%. Untuk pinjaman Rp 40.100 hingga Rp 150.000 dikenakan bunga 1.5%, sedangkan untuk pinjaman di atas Rp 150.100 dikenakan bunga 1.75%

Tidak mampu menebus kembali, bagaimana?

Barang-barang yang tidak ditebus kembali setelah jangka waktu tertentu yang telah ditetapkan, akan dilelang oleh pegadaian. Lelang adalah proses penjualan barang dimana barang yang bersangkutan akan dijual kepada penawar yang berani membeli dengan harga tertinggi. Tentu saja, lelang tersebut akan dilakukan dengan sepengetahuan pemiliknya. Namun, sebelum barang Anda dilelang, Anda akan diberi tahu terlebih dahulu. Jika nilai barang Anda memang lebih tinggi dari pinjaman Anda, selisihnya setelah dikurangi bunga pinjaman, akan dikembalikan pada Anda.

Jasa lainnya yang ada di pegadaian

Koin emas ONH adalah emas yang berbentuk koin yang bisa digunakan untuk tujuan persiapan dana pergi haji bagi pembelinya. Anda tinggal membeli sejumlah koin emas ONH (yang tersedia dalam berbagai pilihan berat), baik sekali saja maupun secara rutin. Bagi yang tidak pergi haji, tentu saja emas ini bisa dibeli untuk diinvestasikan.

Selain koin emas ONH, Anda juga bisa menitipkan barang-barang berharga Anda di pegadaian. Keunggulannya yaitu selain tarifnya sangat terjangkau, barang-barang yang Anda titipkan juga akan dilindungi oleh asuransi.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, hubungi saja pegadaian terdekat. Saat ini, selain pegadaian milik pemerintah, banyak juga pegadaian swasta yang berdiri. Anda perlu berhati-hati saat memilih pegadaian yang tepat.

Sumber : semuabisnis/lh3


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Tresia 23 February 2020 - 10:00:21

Shalom.. saya ingin menanyakan info rehab Kristen .. more..

0 Answer

Yehezkiel 23 February 2020 - 00:16:02

Bebas dari pornografi

0 Answer

pengiran lang 21 February 2020 - 19:48:28

Menjaga untuk tetap hidup kudus

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7262

Banner Mitra Februari 2020 (3)