Hati-Hati, Banyak Uang Palsu Beredar!

Nasional / 3 September 2010

Kalangan Sendiri

Hati-Hati, Banyak Uang Palsu Beredar!

Puji Astuti Official Writer
1976

Beberapa waktu terakhir, marak beredarnya uang palsu di wilayah Jakarta dan Banten. Selain menggunakan modus dengan menggunakan uang tersebut untuk belanja di warung-warung kecil dan pasar tradisional, jaringan pengedar uang palsu ini juga menggunakan modus membeli uang dolar dengan harga tinggi.

“Jadi, korbannya adalah masyarakat yang kurang paham mengenai ciri-ciri uang palsu,” demikian jelas Kepala Biro Hubungan Masyarakat BI, Difi A. Johansyah, Jumat (3/9).

Ketika ditanya mengapa sindikat uang palsu memilih Jakarta dan Banten sebagai wilayah operasi mereka, Difi menjelaskan bahwa dua wilayah ini tingkat peredaran uangnya yang paling tinggi dibanding wilayah-wilayah lain. Kebanyakan uang palsu ini dalam pecahan Rp. 100 ribu. Dalam satu juta lembar uang asli diperkirakan terdapat 29 lembar uang palsu yang beredar.

Untuk itu itu, Difi menyatakan bahwa pihaknya telah gencar mengirim tim BI untuk melakukan sosialisasi dalam mengenali uang palsu kepada masyarakat, terutama menjelang hari raya Idul Fitri ini. Cara mengenali uang palsu itu menggunakan prinsip 3D: dilihat, diterawang, dan diraba. Pastikan Anda memeriksa uang yang Anda terima dengan 3D ini setiap kali melakukan transaksi.

Sumber : Viva News
Halaman :
1

Ikuti Kami