Tiga Langkah Dalam Membeli Rumah Pertama

Investment / 1 September 2010

Kalangan Sendiri

Tiga Langkah Dalam Membeli Rumah Pertama

Puji Astuti Official Writer
3715

Siapa sih yang tidak ingin mewujudkan rumah impiannya? Rumah seringkali menjadi simbol rasa aman, perlindungan dan kadang juga status sosial. Namun jika Anda berniat untuk membeli rumah untuk pertama kalinya, baik dengan cara tunai maupun kredit/pinjaman ada  beberapa hal yang perlu pertimbangkan.

1. Besarnya dana

Sebelum Anda memutuskan akan membeli rumah seperti apa dan dimana, baik dengan cara tunai maupun kredit, yang pertama perlu Anda tentukan adalah besarnya dana yang sanggup Anda keluarkan. Jika secara tunai jelas berapa banyak uang tunai yang Anda miliki. Namun jika secara kredit, yang perlu Anda pertimbangkan adalah besarnya uang muka yang harus dibayar dan besarnya cicilan yang bisa Anda tanggung setiap bulannya. Belum lagi, Anda harus perkirakan kenaikan bunga bank yang sangat mungkin terjadi dengan kondisi perekonomian saat ini yang sering naik turun.

2. Lokasi rumah

Ketika memilih lokasi rumah, Anda harus pertimbangkan baik-baik banyak hal. Mulai dari jarak tempat kerja Anda dengan lokasi rumah impian Anda tersebut, lingkungan di sekitar rumah, posisi rumah dan apakah rumah rawan banjir atau bencana yang lainnya. Untuk itu Anda melakukan survei dan juga harus rajin bertanya kepada mereka yang sudah di tinggal di lokasi tersebut.

3. Kondisi rumah

Ketika membeli rumah, Anda harus memperhatikan benar kondisi rumah. Jika Anda membeli rumah second/bekas, mungkin Anda perlu membawa tukang kepercayaan Anda untuk memeriksa kondisi rumah, seperti apakah kayu-kayu atapnya dimakan rayap atau tidak, kondisi bangunannya masih cukup kuat atau tidak, dan berbagai hal lain yang berhubungan dengan konstruksi rumah tersebut.

Kalaupun Anda membeli rumah baru, Anda juga harus memastikan kualitas bangunan cukup baik dan sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa melakukan survei dengan melihat bangunan-bangunan rumah di sekitar cluster tersebut.

Seperti apapun rumah yang Anda inginkan, pastikan tidak akan memberatkan Anda, sehingga Anda bisa menikmati tinggal dirumah tersebut tanpa merasa tersiksa oleh beban hutang. Jadi, selamat mewujudkan rumah impian Anda.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami