'Gerbang Neraka' Itu Ada di Turkmenistan

Nasional / 30 August 2010

Kalangan Sendiri

'Gerbang Neraka' Itu Ada di Turkmenistan

Lois Official Writer
5327

Di dekat desa terpencil, Derweze yang terdapat di Gurun Karakum di Turkmenistan, ada fenomena aneh di sana. Di desa yang dihuni oleh 350 orang tersebut, terdapat sebuah kawah selebar 60 meter dan dalam 20 meter. Oleh penduduk setempat, kawah membara ini disebut dengan Kawah Gas Darvaza atau disebut sebagai ‘Gerbang Neraka’.

Kawah yang bisa terlihat dari jarak beberapa kilometer tersebut terus menerus mengeluarkan api dan terbakar selama 38 tahun. Sebenarnya, kawah ini terbentuk bukan karena fenomena alam tapi karena hasil dari kecelakaan industrial.

Pada tahun 1971, sebuah rig pengeboran Uni Soviet tidak sengaja megnenai gua bawah tanah yang menyimpan gas alam dalam jumlah yang massif / banyak. Hal ini menyebabkan tanah runtuh dan seluruh rig pengeboran masuk ke dalamnya. Gas alam beracun itu kemudian bocor dari lubang bekas pengeboran tersebut. Agar tidak terjadi bencana lingkungan yang lebih parah, Soviet mengatur bentuk lubang tersebut. Sampai sekarang, kawah tidak berhenti terbakar.

Pada April 2010, Presiden Turkmenistan, Kurbanguly Berdymukhamedov memerintahkan otoritas setempat untuk mencari cara untuk mengatasinya dan menjamin tidak akan menghambat pengembangan ladang gas di dekatnya. Berdymukhamedov mengatakan bahwa anomali ini telah menghambat pengembangan industri eksplorasi bawah tanah di Karakum.

Namun, fenomena ini sendiri membawa keuntungan bagi Turkmenistan. Fenomena ini telah menarik turis asing yang melakukan perjalanan ke Turkmenistan. Video ‘Gerbang Neraka’ juga menjadi hits di YouTube dan diakses jutaan orang.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami