Jimmy Carter Berhasil Bebaskan Misionari Amerika

Nasional / 27 August 2010

Kalangan Sendiri

Jimmy Carter Berhasil Bebaskan Misionari Amerika

Puji Astuti Official Writer
2719

Kunjungan mantan presiden Amerika, Jimmy Carter ke Korea Utara dengan misi membebaskan seorang misionaris Amerika berjalan dengan baik. Dalam dua hari kunjungannya di Pyongyang, Carter berhasil membawa pulang Aijalon Mahli Somes (31) yang dihukum selama 8 tahun kerja paksa karena memasuki Korea Utara secara illegal.

Media massa resmi pemerintah Korea Utara menyatakan bahwa melalui kunjungan Carter, pemerintah komunis tersebut berkomitmen untuk melakukan pembicaraan masalah nuklir kembali.

Gomes ditahan Korea Utara sejak Januari 2010, dia masuk negara tersebut dan mengajar bahasa Inggris serta untuk memberitakan kabar baik. Dia nekat masuk ke Korea Utara dengan tujuan misi perdamaian atas namanya sendiri.

Juru bicara Jimmy Carter diharapkan akan kembali ke kampung halamannya Boston pada Jumat siang waktu Amerika.
Langkah Jimmy Carter melakukan misi pembebasan warga negaranya mengikuti langkah mantan presiden Bill Clinton yang tahun lalu telah berhasil membebaskan dua jurnalis Amerika yang ditahan Korea Utara karena memasuki perbatasan secara illegal. Dua jurnalis yang dibebaskan Clinton tersebut adalah Laura Ling dan Euna Lee.

Sumber : BBC
Halaman :
1

Ikuti Kami