Selulit? Siapa Takut?

Fit & Charming / 25 August 2010

Kalangan Sendiri

Selulit? Siapa Takut?

Lois Official Writer
9636

Salah satu momok yang ditakuti oleh wanita yaitu selulit. Selain susah dihilangkan, selulit yang parah dapat menyebabkan gatal. Karena itu, kulit merupakan bagian tubuh yang sangat penting, yang melindungi kita. Perawatan kulit menjadi salah satu hal penting demi memperoleh kulit yang sehat dan cantik. Berikut ini merupakan penjelasan Dr. Ismiralda Oke Putranti, Sp.KK dari YPR Hospital Menteng dan Klinik Estetika, Kelapa Gading.

Pengertian Selulit dan Penyebabnya

Selulit merupakan timbunan lemak di bawah kulit yang tampak tidak rata dan bergumpal-gumpal. Akibatnya, kulit terlihat bergelombang seperti kulit jeruk. Bedanya, jika kulit jeruk dipegang terasa halus, maka selulit terasa kasar. Tak ada yang tahu pasti penyebab selulit, namun beberapa faktor diketahui berperan dalam pembentukannya.

Faktor tersebut antara lain kelebihan berat badan, regangan otot, kelelahan, kebiasaan merokok, kurang olah raga, alkohol, obat-obatan, usia, genetik, dan struktur lemak yang berbeda pada tiap wanita diketahui sangat berperan dalam merusak jaringan ikat kulit, sehingga kulit tampak bergelombang.

Ada peneliti yang mengatakan bahwa selulit diturunkan secara genetik, namun ada yang mengatakan selulit disebabkan oleh konsumsi lemak yang berlebihan, kurang olahraga, dan sirkulasi darah yang kurang baik.

Usia Kemunculan Selulit

Selulit dapat terbentuk pada gadis usia 14 tahun atau pubertas dan menjadi lebih sering pada usia 30-an tahun. Pertambahan massa lemak pada wanita kira-kira 4-8 kg per dekade selama hidupnya, sehingga semakin banyak lemak yang tertimbun, makin besar kemungkinan terbentuk selulit.

Usia tua yang memicu penipisan lapisan kulit di atas jaringan lemak, menjadikan gumpalan lemak akan lebih mudah terlihat di permukaan sehingga memudahkan terbentuknya selulit, selain dari gaya hidup yang kurang baik, konsumsi makanan berkalori tinggi dan berlemak yang tidak terkontrol.

Cara Mengatasi Selulit

Pemijatan

Pemijatan seluruh tubuh dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah dan memperlancar pembuangan racun dari tubuh. Anda pun mendapat manfaat lainnya yaitu dapat membantu untuk relaksasi.

Krim anti selulit

Krim anti selulit banyak dipasarkan saat ini. Krim anti selulit ini tidak menghilangkan timbunan lemak yang ada, fungsinya terbatas untuk membuat kulit menjadi lebih lembab dan merangsang peningkatan jaringan ikat di atas lemak sehingga gumpalan lemak akan tersamar. Agar efektif, lakukan pemijatan.

Mesoterapi

Merupakan upaya memasukkan zat / obat ke dalam jaringan bawah kulit. Teknik ini banyak digunakan di klinik kecantikan dan cukup efektif bila selulit tidak terlalu banyak. Jika ingin menggunakan cara ini, sebaiknya minta masukan dari dokter yang berkompeten agar hasilnya maksimal dan segala tindakannya dapat dipertanggungjawabkan.

Liposuction dan body lifting / contouring

Liposuction atau juga dikenal dengan sedot lemak dilakukan dengan cara memasukkan kanul dalam lapisan lemak, kemudian lemak hancur dan disedot keluar. Metode ini efektif bila lemak yang tertimbun tidak terlalu banyak. Sedangkan body lifting / contouring biasanya dilakukan pada orang-orang obesitas atau orang dengan selulit yang berlebihan. Tindakan ini dilakukan dengan membuang kelebihan lemak disertai pengencangan jaringan otot dan kulit. Jika ingin menggunakan metode ini, konsultasikan pada dokter bedah plastic untuk tindakan yang paling tepat.

Mulai sejak dini, jagalah daerah-daerah tubuh Anda yang bisa menderita selulit khususnya di bawah pantat. Jangan lupa untuk melakukan pemijatan rutin disertai dengan pemberian krim anti selulit sehingga Anda tampil cantik dan sehat luar dalam.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami