Doa Dengan Pimpinan Roh Kudus

Kata Alkitab / 25 August 2010

Kalangan Sendiri

Doa Dengan Pimpinan Roh Kudus

Puji Astuti Official Writer
11886

Selamat datang di seri ketiga pengajaran tentang doa. Kami rindu Anda memiliki pengalaman langsung dengan Tuhan, dimana Tuhan mendengar dan menjawab doa-doa Anda.

Pada pelajaran ketiga ini adalah tentang bagaimana kita tahu bahwa Tuhan pasti menjawab doa kita. Rasul Yohanes memberikan jawaban atas pertanyaan itu dalam 1 Yohanes 5:14-15

Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya. Dan jikalau kita tahu, bahwa Ia mengabulkan apa saja yang kita minta, maka kita juga tahu, bahwa kita telah memperoleh segala sesuatu yang telah kita minta kepada-Nya.

Inilah kunci yang dasyat tersebut: Jika kita berdoa sesuai dengan kehendak Tuhan, maka kita harus memiliki keberanian untuk percaya bahwa Tuhan mendengarkan doa kita tersebut. Kita juga memiliki kepercayaan jika Tuhan mendengarkan kita, maka kita pasti menerima jawaban atas doa kita.

Jadi, bagaimana kita tahu bahwa kita telah berdoa sesuai dengan kehendak Tuhan? Salah satu cara utamanya adalah mempelajari doa-doa yang dicatat dalam Alkitab. Jika kita berdoa berdasarkan doa-doa tersebut, maka otomatis kita berdoa sesuai dengan kehendak Tuhan. Jika kita mendoakan janji-janji Tuhan tertentu, maka kita tahu bahwa sedang berdoa sesuai dengan kehendak Tuhan. Salah satu janji Tuhan yang besar ada di kitab Yeremia berbunyi seperti ini, “Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui.(Yeremia 33:3). Jadi, berdoalah seperti ini, “Tuhan, aku berdoa berdasarkan janji-Mu ini,” maka Anda sudah berdoa sesuai dengan kehendak-Nya dan Anda harus tahu bahwa Anda telah menerima apa yang Anda minta.

Tetapi sesuatu terjadi dalam hidup Anda dan Anda tidak tahu mengapa, apakah ada janji Tuhan tentang hal tersebut dalam Alkitan yang bisa diandalkan. Apa yang harus Anda lakukan? Ketahuilah bahwa Anda memiliki seorang penghibur yaitu Roh Kudus.

Inilah yang Rasul Paulus tuliskan:

Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. (Roma 8:26)

Sebuah janji Tuhan yang indah bahwa Roh-Nya sendiri yang akan berdoa syafaat bagi kita. Hal inilah yang saya katakan doa syafaat, ketika, kita memiliki beban untuk berdoa dan merintih kepada Tuhan. Biasanya kita akan bertekuk lutut, menangis dan berseru kepada Tuhan karena beban yang luar biasa yang kita ungkapkan melalui doa. Jika Anda belum pernah mengalami hal tersebut, tolong mulailah memintanya, doakan hal tersebut, dan carilah hal itu. Hal tersebut adalah sesuatu yang luar biasa, itu adalah saat dimana Roh Kudus secara langsung menguasai Anda dan memenuhi Anda dengan sebuah beban untuk berdoa dan membuat Anda berseru, merintih dan sakit bersalin dalam doa. Doa yang seperti ini adalah doa yang supranatural.

Saya mengalaminya ktika saya berdoa bagi bangsa-bangsa, ketika saya berdoa untuk suku-suku bangsa, sekalipun tidak ada janji Tuhan di dalam Alkitab untuk suku-suku tersebut, namun ada janji Tuhan yang bersifat umum, “Mintalah kepada-Ku, maka bangsa-bangsa akan Kuberikan kepadamu menjadi milik pusakamu, dan ujung bumi menjadi kepunyaanmu.” Ketika saya berdoa untuk bangsa-bangsa tertentu, untuk suku-suku tertentu, maka sebuah beban yang luar biasa, juga kasih serta belas kasihan turun untuk berdoa atas orang-orang tersebut. Saya mulai berdoa untuk melahirkan suku-suku tersebut agar dapat dituai bagi Tuhan.

Jadi mari kita hubungkan semua hal tadi, ketika kita berdoa syafaat, ada Roh Kudus yang memberikan karunia kepada kita, dan Roh Kudus yang akan membimbing kita.

Jika Anda belum pernah mengalaminya, mintalah hal ini maka Anda akan mengalami hal-hal luar biasa dimana Roh Kudus akan membimbing Anda untuk berdoa.

Halaman :
1

Ikuti Kami