2011 Indonesia Gratis Bersalin

Nasional / 24 August 2010

Kalangan Sendiri

2011 Indonesia Gratis Bersalin

Lestari99 Official Writer
3471

Sebuah berita gembira diungkapkan Menteri Kesehatan Endang Sedyaningsih. Beliau mengungkapkan pemerintah tengah menyiapkan fasilitas melahirkan gratis bagi seluruh ibu hamil di Indonesia dan ditargekan akan mulai berlaku sejak 2011.

Dalam skema ini nantinya semua ibu hamil yang melahirkan berhak atas layanan pada sarana kesehatan milik pemerintah seperti puskesmas dan rumah sakit umum daerah serta klinik bidan mandiri di seluruh Indonesia. Endang mengakui masih banyak yang perlu dipersiapkan untuk merealisasikan program baru ini.

“Ini masih wacana ya, karena kami masih harus menyiapkan berbagai aturan dan kesediaan fasilitas penunjang termasuk paramedisnya,” ujar Endang.

Aturan tersebut termasuk mengatur apakah fasilitas gratis ini akan dibatasi untuk kelahiran anak ke-2 atau untuk seluruh kelahiran. Karena faktanya resiko kematian ibu lebih tinggi justru terjadi pada kelahiran ke-3 dan seterusnya. Endang juga mengungkapkan kementerian berharap bisa menjamin layanan gratis ini mulai dari kehamilan hingga perawatan pasca persalinan.

Departemen Kesehatan memperkirakan layanan menyeluruh dari kehamilan hingga kelahiran ini membutuhkan alokasi anggaran Rp 1-1,5 triliun rupiah. Dana tersebut akan menutup biaya kehamilan dan persalinan sekitar 2 juta dari 4,5 juta kehamilan per tahun di Indonesia.

Keterbatasan anggaran ini membuat program ini pada tahap awalnya mungkin hanya akan memberikan pelayanan gratis pada warga yang memegang kartu Jamkesmas.

Kondisi kesehatan ibu melahirkan di Indonesia memang masih berada pada titik yang memprihatinkan. Berdasarkan data Survei Demografi Kesehatan Indonesia tiga tahun yang lalu, hanya 70% proses persalinan di Indonesia ditangani oleh petugas medis. Akibatnya, Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia mencapai rata-rata 228 kematian ibu per 100 ribu kelahiran hidup, menjadi yang tertinggi di Asia. Angka tersebut masih jauh dari target Millenium Development Goals (MDGs), yaitu 110 kematian ibu per 100 ribu kelahiran hidup pada tahun 2015.

Semoga langkah awal ini bisa menjadi solusi bagi rakyat Indonesia yang memang membutuhkan fasilitas kesehatan gratis terutama bagi ibu-ibu hamil dari golongan ekonomi sulit. Sehingga anak-anak mereka nantinya, yang tak dapat dipungkiri merupakan bagian dari masa depan bangsa ini, dapat menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami