Pentingnya Sarapan Sehat

Gizi & Nutrisi / 24 August 2010

Kalangan Sendiri

Pentingnya Sarapan Sehat

Lestari99 Official Writer
4146

Sarapan adalah saat makan yang penting karena sarapan merupakan saat makan pertama setelah tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dalam waktu yang lama.

Pada masa kecil, ibu selalu menekankan kepada kami untuk tidak meninggalkan rumah tanpa makan apa-apa. “Minumlah segelas susu dan makan rotinya dulu,” merupakan nasehat yang biasa ibu sampaikan kepada kami.

Meskipun sebagian besar dari kita menyadari bahwa gizi yang baik dan diet seimbang adalah komponen penting bagi kesehatan secara keseluruhan, namun banyak dari kita tidak memiliki waktu untuk melakukan saat makan yang paling penting dalam melewati hari – sarapan.

Apakah sarapan itu dan kenapa sarapan sangat penting?

“Sarapan” – saat berbuka dari puasa selama tujuh sampai delapan jam ketika kita tidur di malam hari. Sarapan adalah saat makan pertama di pagi hari dan menutup puasa lama di malam hari. Sarapan adalah salah satu saat makan yang tidak boleh kita lewati.

Tubuh Anda adalah kendaraan dari semua aktivitas Anda. Agar tubuh Anda dapat mengimbangi semua jadwal kegiatan yang harus Anda lakukan, sangat penting untuk memasok tubuh Anda dengan energi yang dibutuhkannya. Tubuh Anda harus tetap terjaga dalam kondisi yang baik apapun yang ingin Anda lakukan – bekerja, berbicara atau berpikir. Oleh karena itulah kita harus mengisi bahan bakar tubuh kita di pagi hari dengan memiliki sarapan yang baik dan sehat.

Sarapan menyediakan 25 persen dari total energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Menurut ahli pangan dan gizi dari American Dietetic Association, sarapan bukan hanya membantu untuk mengatur berat badan tapi juga merupakan bahan bakar tubuh yang membantu menyediakan energi, membuat konsentrasi Anda lebih baik dan memampukan Anda untuk memecahkan masalah sepanjang hari. Sarapan meningkatkan daya kerja otak kita, menjaga kita tetap langsing dan membuat suasana hati menjadi lebih baik. Memiliki porsi makan terbesar di pagi hari dan mengurangi porsi makanan sepanjang hari dianggap baik bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami