Mau Tahu Teknik Menimbang Berat Badan yang Tepat?

Solusi Sehat / 23 August 2010

Kalangan Sendiri

Mau Tahu Teknik Menimbang Berat Badan yang Tepat?

Lois Official Writer
19567

Sebenarnya, ada beberapa cara agar Anda dapat menimbang berat badan Anda secara tepat. Jika Anda ingin mengetahui berapakah berat badan Anda sesungguhnya, Anda dapat menggunakan cara di bawah ini :

Cobalah cek akurasi timbangan di rumah Anda terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan menggunakan dumbbell atau alat lainnya yang beratnya terpercaya. Timbang dumbbell tersebut, ambillah selisih pembacaan timbangan dengan berat dumbbell yang sesungguhnya sebagai acuan. Jika dumbbell yang Anda letakkan adalah 20 kg tapi timbangan Anda menunjukkan sebesar 21.5 kg, maka Anda harus menambah 1.5 kg terhadap hasil berat badan Anda yang ditunjukkan timbangan.

Saat menimbang yang tepat adalah pagi hari. Lakukan sebelum Anda sarapan pagi (dalam keadaan perut kosong) dan Anda sudah membuang air kecil maupun membuang air besar.

Minimalkan pakaian yang Anda kenakan ketika menimbang. Anda juga dapat mengakalinya dengan memakai pakaian yang sama setiap kali menimbang.

Lakukan penimbangan secara teratur. Frekuensi yang disarankan untuk menimbang berat badan adalah seminggu sekali. Penting untuk Anda ketahui bahwa lemak dapat terbakar kira-kira 0.5 sampai 1 kg per minggu.

Untuk mendapatkan hasil berat yang Anda inginkan, baik menurunkan maupun menaikkan berat badan, tentu saja Anda perlu pola makan yang benar dan teratur. Makanlah makanan yang mempunyai vitamin maupun mineral yang sesuai yang dibutuhkan oleh Anda dan jangan lupa untuk menimbang badan Anda.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami