Anda Mengantuk? Jangan Biarkan Mengganggu Aktifitas Anda

Fit & Charming / 18 August 2010

Kalangan Sendiri

Anda Mengantuk? Jangan Biarkan Mengganggu Aktifitas Anda

Lois Official Writer
3732

Jika bawaan Anda selalu mengantuk, apalagi setelah makan siang, Anda bisa mengusir kantuk itu dengan menggunakan ‘obat’ alami berikut ini :

Jalan-jalan

Jalan-jalan selama 10 menit lebih baik ketimbang makan permen. Hal ini membantu meningkatkan energi dan membuat Anda melek, bila saat di kantor Anda mengantuk. Hal ini dikemukakan oleh Prof. Robert Thayer, dari California State University, AS.

Terlelap sebentar saja

“Jangan lebih dari satu jam, cukup 5-25 menit,” tulis Dr. Barry Krakow dalam bukunya Sound Sleep, Sound Mind : Seven Keys to Sleeping Through the Night. “Duduk rileks di kursi dengan mata terpejam selama 10 menit saja juga cukup membantu,” ujar Dr. Allison T. Siebern dari Stanford University Sleep Medicine Center, AS. Jika tidak ada ruang khusus tidur, jangan menelungkup ke meja.

Istirahatkan mata

Senam mata juga baik, seperti melirik ke kanan, ke kiri, ke bawah dan ke atas. Tapi jangan pandangi layar komputer lebih dahulu, karena mata akan cepat capek.

Mengobrol

Membicarakan hal-hal yang menarik dengan rekan sekekerja akan menggugah pikiran, tapi ingat jangan bergosip apalagi membicarakan kebohongan dengan teman Anda. Dengan mengobrol, perhatian Anda dari rasa kantuk akan beralih sehingga kantuk pun hilang.

Lakukan pernapasan

Pernapasan yang dalam akan meningkatkan kadar oksigen darah, memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, memperlancar sirkulasi, menambah performa mental serta energi. Jadi lakukan pernapasan secara perlahan dan dalam ketika Anda merasakan kantuk datang.

Lakukan tugas lain

Coba tinggalkan sebentar pekerjaan monoton yang Anda kerjakan tiap hari maupun yang sedang Anda hadapi saat ini, karena pekerjaan yang monoton bisa membuat Anda mengantuk. Kerjakan tugas lain yang menjadi porsi Anda untuk merangsang pikiran agar tidak mengantuk.

Berolahraga

Olahraga teratur akan memperbaiki kualitas tidur, sehingga dianjurkan untuk berolahraga 30 menit, 3-4 kali seminggu. Sebuah studi yang pernah dilakukan para peneliti dari University of Georgia terhadap 6.800 orang memperlihatkan bahwa olahraga efektif untuk meningkatkan energi dan mengurangi rasa kantuk di siang hari.

Jadi, jika Anda mengantuk, Anda sudah tahu ‘resep’ yang harus digunakan untuk mengatasi kantuk itu, bukan? Cobalah dan rasakan sendiri ‘obat’ alami ini dalam tubuh Anda sehingga Anda kembali terjaga dan dapat menjalankan kembali aktifitas yang Anda lakukan.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami