Memulai Bisnis Dengan Berhutang, Bijaksanakah?

Memulai Bisnis Dengan Berhutang, Bijaksanakah?

Lestari99 Official Writer
2881

Tanya:

Saya dan suami ingin membuka bisnis waralaba klub kesehatan sendiri. Saat ini kami tidak memiliki utang dan tinggal di apartemen. Kami juga memiliki simpanan sekitar Rp 650 juta. Apakah pinjaman untuk usaha kecil merupakan cara terbaik untuk memulai usaha kami?

Jawab:

Tidak! Jangan pernah berhutang untuk membuka usaha. Apalagi jika Anda berniat memulai industri klub kesehatan. Usaha klub kesehatan dan gym datang dan pergi seperti angin. Selain itu, Anda dapat dengan mudah membuka salah satu bisnis tersebut tanpa meminjam uang atau pembagian keuntungan melalui kesepakatan waralaba.

Usaha klub kesehatan ataupun gym sebenarnya sama seperti bisnis lainnya. Mulai dari kecil, bahkan jika itu artinya Anda hanya memiliki beberapa peralatan kesehatan dan sejumlah program di awal. Jika Anda memulainya secara besar-besaran dengan mesin olahraga terbaru dan meminjam uang dalam jumlah yang besar, maka utang itu akan menjadi seperti jangkar di leher Anda yang akan menarik Anda ke bawah. Apakah Anda menangkap poin maksud saya? Hal ini sangat mutlak dan penting bagi Anda untuk tidak meminjam uang agar membuat bisnis ini terlaksana!

Selain itu, Anda juga mengatakan memiliki tabungan sekitar Rp 650 juta. Itulah benih uang Anda untuk memulai bisnis ini! Jika Anda tidak percaya bahwa ide bisnis Anda cukup aman untuk menyerahkan uang Anda ke dalamnya, maka kemungkinannya adalah tidak seharusnya Anda memulai bisnis ini.

Saya bukannya menentang sistem waralaba. Tapi saya menentang mereka yang berutang ratusan juta rupiah untuk memulai bisnis yang diharapkan menjadi sebuah pil ajaib. Waralaba tidak menjamin kesuksesan. Untuk melangsungkan sebuah bisnis, Anda tetap harus pintar, memiliki ide yang bagus dan otak bisnis. Dan juga Anda harus bekerja keras memperjuangkan bisnis Anda setiap hari!

Sumber : cbn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami