Kalbar Buka Outlet Khusus Jual Kondom

Nasional / 16 August 2010

Kalangan Sendiri

Kalbar Buka Outlet Khusus Jual Kondom

Lois Official Writer
3568

Dikarenakan semakin banyaknya jumlah penduduk Indonesia yang terjangkit HIV / AIDS maka Provinsi Kalimantan Barat berencana membuka outlet khusus tempat penjualan kondom. Ide ini datang dari Komisi Penanggulangan Acquired Immune Deficiency Syndrome atau AIDS.

Dengan adanya pembukaan outlet kondom ini diharapkan dapat menfasilitasi penggunaan kondom sehingga AIDS dapat dicegah karena sudah memakai ‘pengaman’. “Lebih baik mencegah daripada terjadi. Agama maapun tidak menyukai dan menyetujui perbuatan zinah,” kata Sekretaris KPA Kalbar, Syarif Toto Thah Alkadrie di Pontianak.

“Outlet kondom itu bukan ditempatkan di sekolah-sekolah ataupun di dekat rumah ibadah. Melainkan di lokasi yang beresiko tinggi,” katanya. Daerah-daerah yang dimaksud adalah seperti hotel, salon plus, spa, serta rumah penginapan.

Selain itu, KPA Kalbar menargetkan aksi penanggulangan dan pencegahan HIV / AIDS dengan pelayanan jarum suntik. Tapi ini hanya akan diberikan untuk dua kota saja, yaitu Singkawang dan Pontianak.

Tahun 2009 lalu Kalbar berada pada posisi enam se-Indonesia, namun pada tahun ini Provinsi Kalbar tercatat pada peringkat empat kasus HIV / AIDS di Indonesia. Kelihatannya bagi orang awam bahwa Kalbar rawan, tapi menurut Toto hal ini salah. Justru Kalbar membuka fenomena tersebut agar masyarakat lebih waspada, begitu ujarnya.

Memang dengan dibukanya outlet ini, orang-orang dapat lebih mudah membeli kondom dan menyalahgunakan pemakaian kondom tersebut untuk hal-hal yang negatif. Di sisi lain, pemakaian kondom ini diperlukan agar tidak tersebar virus yang saat ini mulai melanda Indonesia.

Sumber : antaranews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami