Usir Stres Dengan Olahraga

Psikologi / 14 August 2010

Kalangan Sendiri

Usir Stres Dengan Olahraga

Lestari99 Official Writer
3616

Bagaimana cara Anda menghadapi stres? Salah satu cara terbaik untuk mengatasi stres adalah dengan melakukan olahraga.

Artikel ini akan memberikan tips yang dapat membantu Anda untuk mengatasi stres dengan olahraga sehingga Anda dapat merasakan kualitas hidup yang lebih baik. Informasi berikut ini akan bermanfaat bagi Anda.

Hidup memang bisa membuat kita sedikit gila. Antara pekerjaan, relationship, dan tekanan dalam keluarga, kita semua memiliki saat-saat di mana kita akan merasa sedikit kewalahan. Bagaimanapun juga, hidup dengan stres akibat tekanan-tekanan hidup ini sangat bertolak-belakang dengan gaya hidup sehat. Saat kita sedang stres, itu adalah saat dimana kita sebenarnya melakukan pengrusakan terburuk terhadap tubuh kita! Jadi, inilah beberapa tips untuk membantu hari-hari Anda bebas stres!

Kita semua memiliki hari yang membuat stres. Dan setelah melalui hari yang panjang dan sulit, hal terakhir yang ingin kita lakukan adalah berolahraga. Dan itulah yang harus kita lakukan! Melakukan olahraga setelah stres seharian adalah cara yang terbaik tidak hanya untuk keluar dari stres, tetapi juga untuk menjaga rencana olahraga Anda tetap berjalan!

Anda mungkin pernah mendengar “Runner’s High”. Banyak kali, olahraga berat (misalnya ketika berlari dari level sedang ke tinggi, dan Anda sulit untuk bernafas) akan membawa perasaan tenang dan bahagia baik secara jasmani maupun rohani. Sebuah studi pada tahun 2004 yang dilakukan oleh Georgia Tech menemukan bahwa Runner’s High dipicu oleh pelepasan kimia tubuh yang diproduksi secara alami, endocannabinoid anandamide. Tubuh memproduksi kimia ini untuk mengatasi stres yang berkepanjangan dan rasa sakit akibat melakukan olahraga berat. Jadi, ketika Anda melewati hari yang penuh tekanan, olahraga yang baik sebenarnya menyebabkan tubuh Anda melepaskan zat kimia yang dapat menenangkan pikiran Anda tenang dan menjadikan Anda rileks.

Jangan lewati waktu olahraga Anda. Ketika Anda berolahraga, Anda memompa oksigen ke dalam tubuh Anda, yang akan membantu mengurangi tingkat stres Anda. Ditambah lagi, ketika olahraga yang Anda lakukan mengalami peningkatan, tubuh Anda akan melepaskan endorfin, yang juga dapat membantu Anda untuk rileks! Mengambil waktu sejenak selama 20 menit untuk fokus pada hal lain selain hari yang membuat Anda stres dapat membantu pikiran Anda tenang dan memperbaiki suasana hati Anda.

Minumlah teh. Saya tahu mungkin ini terdengar lucu. Namun peneliti Inggris menemukan bahwa mereka yang minum 4 cangkir teh setiap hari, memiliki hormon stres 20 persen lebih rendah daripada mereka yang minum plasebo dengan jumlah kafein yang sama.

Tidurlah! Ketika Anda stres, mungkin akan sulit bagi Anda untuk tidur nyenyak di malam hari. Namun, para peneliti Kanada menunjukkan mereka yang tidak cukup tidur tidak hanya sulit berkonsentrasi pada hari berikutnya tapi juga memiliki tingkat stres yang tinggi. Jadi, tidur nyenyak di malam hari bisa mengurangi stres Anda di hari berikurnya.

Tarik nafas panjang! Ketika Anda benar-benar sedang stres, dan Anda membutuhkan cara cepat untuk menurunkan tingkat stres Anda, cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam. Selama 5 menit, tarik nafas dalam-dalam selama 5 detik lalu buang nafas selama 5 detik. Ilmuwan Emory University menemukan bahwa dengan melakukan hal ini secara teratur, Anda dapat mempertahankan fokus mental yang lebih baik pada usia Anda!

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami