Langit Malam Memperlihatkan Benda-Benda Angkasa

Nasional / 13 August 2010

Kalangan Sendiri

Langit Malam Memperlihatkan Benda-Benda Angkasa

Lois Official Writer
4312

Akhir pekan ini para warga di muka bumi akan disuguhkan tontonan menarik di langit. Di beberapa tempat, hujan meteor Perseid sudah muncul. Meteor ini sudah muncul sejak bulan Juli lalu dan diyakini puncaknya dialami tadi pagi hingga siang. Orang yang berada di wilayah utara bumi khususnya, akan dapat melihat hujan meteor ini dengan mata telanjang. Bila tidak dihalangi awan, hujan meteor bisa disaksikan langsung setiap menit.

Selain awan, benda langit yang bisa mengganggu pemandangan hujan meteor itu adalah cahaya bulan purnama. Hujan meteor tersebut tidak akan berpengaruh langsung kepada manusia. Hujan itu akan membuat satelit di luar angkasa terhalangi oleh debu-debu yang dihasilkan oleh hujan meteor.

Para astronom dan pengamat benda-benda angkasa di mancanegara berharap hujan meteor Perseid bisa menampilkan yang terbaik dan sesekali dapat menghadirkan letupan sinar. Menurut kalangan astronom, beberapa bola api dan ledakan meteor, yang disebut bolide, dapat terlihat jelas. “Pada Sabtu malam (waktu AS), satu bolide bisa terlihat,” kata Steve Lieber, anggota suatu komunitas astronomi di Long Island. “Tampilannya seperti kilatan sinar dan diikuti oleh ekornya selama sekitar 15-20 detik,” lanjutnya.

Selain itu, bakal muncul pula sejumlah planet yang bisa disaksikan dengan mata telanjang di malam hari. Planet-planet tersebut adalah planet Venus, Mars, dan Saturnus akan menampakkan diri. Tiga planet itu diperkirakan mulai terlihat sekitar Kamis malam atau Jumat disertai dengan kemunculan bulan sabit.

Mereka yang beruntung bisa melihat keempat benda angkasa itu dengan jelas di horizon bagian barat begitu malam tiba. Selain itu, Jupiter akan terlihat seperti batu permata yang indah di langit bagian selatan.
Cobalah lihat di malam hari apakah benda-benda angkasa itu akan terlihat di langit. Ini dapat menggambarkan keindahan yang Tuhan ciptakan buat kita semua. Betapa luar biasanya Pencipta kita itu. Kita patut bersyukur kepada-Nya, selalu.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami