Prajurit TNI Papua Pengidap HIV/AIDS Paling Tinggi Di Tanah Air

Nasional / 12 August 2010

Kalangan Sendiri

Prajurit TNI Papua Pengidap HIV/AIDS Paling Tinggi Di Tanah Air

Lestari99 Official Writer
2788

Kabar menyedihkan datang dari negeri Papua. Para putra kebanggaan daerah sekaligus pelindung masyarakat yang seharusnya menjadi teladan, positif mengidap HIV/AIDS. Sedikitnya terdapat 144 personel TNI dari jajaran Kodam XVII Cendrawasih, Papua, yang ditemukan positif mengidap penyakit mematikan tersebut. Empat orang di antaranya sudah meninggal dunia. Angka ini merupakan jumlah terbesar dari seluruh Kodam yang ada di Indonesia.

Ada yang salah dengan gaya hidup masyarakat Papua. Karena potensi tentara di Papua untuk mengidap HIV/AIDS sudah bisa dilihat saat penerimaan calon prajurit. Ada saja ditemukan mereka yang mengidap virus ini, rata rata 5-7 orang per hari.

“Setiap dibuka pendaftaran, pasti ada calon prajurit yang positif mengidap HIV/AIDS, bahkan jumlahnya bisa 10 persen dari total yang mendaftar yakni rata-rata 300 orang. Itu baru pendaftar dari Jayapura saja,” ujar Komandan Batalyon Infantri 751 Letkol Inf. Tatang Subarna, di markasnya di Sentani, Papua, Kamis (12/8).

Kondisi ini tentu saja sangat memprihatinkan karena calon prajurit tersebut masih dalam usia potensial, berkisar antara 17-21 tahun. Jika ditemukan calon prajurit yang terinfeksi, Tatang menyebutkan pihaknya memilih untuk tidak memberitahukannya kepada yang bersangkutan. Mereka hanya sekedar diberitahu tidak lulus tes kesehatan namun tidak dibeberkan jenis penyakitnya.

Banyak hal yang perlu kita lakukan bagi saudara-saudara kita di Papua. Pemerintah juga seharusnya memberikan perhatian penuh bagi kondisi masyarakat Papua karena derita mereka adalah derita kita juga sebagai saudara sebangsa.

Sumber : vivanews
Halaman :
1

Ikuti Kami