Lezatnya Kulit Babi Guling Bu Oka

Entertainment / 12 August 2010

Kalangan Sendiri

Lezatnya Kulit Babi Guling Bu Oka

Lestari99 Official Writer
9590

Bali telah menjadi tempat wisata sekaligus liburan asyik bagi sebagian besar orang. Tapi belum afdol rasanya jika berkunjung ke Bali tanpa mencicipi makanan khas Bali, babi guling. Ada satu tempat babi guling yang cukup terkenal di Bali bagi wisatawan dalam maupun luar negeri, Warung Babi Guling Oka. Bayangkan saja, dalam sehari warung ini akan dikunjungi 500 orang dan bisa mencapai 1.000 orang di hari libur.

Kenikmatan babi guling Oka adalah rasa kulit babinya yang lezat tak terkira. Resep rahasia dari kulit babi ini adalah cara panggangnya yang harus ekstra hati-hati karena bukan hal yang mudah untuk membuat kulit babi guling terasa renyah dan enak. Ibu Oka mengakui perlu konsentrasi yang tinggi saat memanggang dengan cara memutar daging babi yang telah ditusuk dengan bambu. Jika kehilangan konsentrasi, bisa-bisa kulit babi itu akan terbakar dan rasanya berubah menjadi pahit.

Untuk memanggang babi-babinya ini, Ibu Oka menggunakan tenaga profesional. Selain tenaga profesional, tempat pemanggangan api juga harus diperhatikan sehingga kematangan kulit dan daging babi pas terasa di lidah. Jarak api dengan babi saat memanggang juga menjadi penentu kulit itu enak atau tidak. Salah sedikit mengatur jarak, kulit babi akan hangus.

Rahasia lain dari kelezatan kulit babi ini adalah bumbu bali yang dipergunakannya. Biasanya sebelum dipanggang, perut babi dibersihkan dengan air hangat, setelah itu diisi bumbu tradisional Bali “Base Genep” serta dicampur dengan sayur daun singkong. Ketika daging babi matang, bumbu dan sayur itulah yang nantinya mendampingi kulit babi maupun dagingnya ketika dimakan. Kulit babi guling ini biasanya disajikan dengan nasi, suiran daging babi, sambal base genep (bumbu lengkap), serta sayur singkong yang dimatangkan di dalam perut babi saat dipanggang.

Jumlah babi yang dipotong setiap hari mencapai 5 ekor jika pengunjungnya berkisar 400 orang. Kalau mencapai 1.000 orang, babi yang dipotongnya mencapai 10 ekor. Warung ini pernah memotong babi mencapai angka yang fantastis, sampai 25 ekor dalam sehari karena pengunjungnya mencapai 5.000-an orang.

Selain menikmati menu yang tersedia di warung ini, pengunjung juga bisa membungkusnya. Kalau dibungkus, harga nasi babi guling standard adalah Ro 20 ribu dan jika makan di tempat Rp 15 ribu plus minuman penyegar tenggorokan. Untuk makanan nikmat tak terkira, tentu saja harga ini cukup murah.

Warung Babi Guling Oka sudah berjualan sejak tahun 1970-an dan bisa Anda temui di depan Puri Agung, Ubud, Gianyar, Bali. Selain itu cabangnya juga bisa Anda temukan di sebelah Selatan Rudana Museum, Mas, Ubud. Warung Babi Guling oka setiap harinya buka mulai pukul 11.00 Wita-21.00 Wita.

Sumber : antaranews
Halaman :
1

Ikuti Kami