Mesin Penjual Anggur Mampu Deteksi Kemabukan

Nasional / 9 August 2010

Kalangan Sendiri

Mesin Penjual Anggur Mampu Deteksi Kemabukan

Lestari99 Official Writer
2810

Menghadapi orang mabuk seringkali menjadi masalah bagi petugas keamanan Amerika. Kecelakaan lalu lintas, kasus kekerasan dalam rumah tangga dan berbagai tindak kriminal lainnya seringkali dipicu para pelakunya yang sedang mabuk. Menghadapi hal ini, sebuah mesin penjual anggur yang bisa mendeteksi kadar alkohol pembeli melalui aroma nafas mereka menjadi solusinya.

Pennsylvania merupakan salah satu negara bagian yang menerapkan aturan ketat terhadap konsumsi alkohol di masyarakat. Minuman anggur hanya dijual di toko yang dikelola oleh pemerintah setempat. Hadirnya mesin penjual anggur yang dilengkapi alat breathalyser ini memudahkan mereka yang ingin membeli minuman favorit mereka meskipun harus melalui prosedur khusus.

Mesin yang sedikit memudahkan para pecinta anggur ini kemudian berubah menjadi populer. Mesin ini akan meminta para pembeli untuk menggesek kartu identitas dan juga kartu pembayaran. Setelah itu breathalyser akan melakukan analisa lewat hembusan nafas sang pembeli untuk mengetahui jika si pembeli tidak berada dalam pengaruh alkohol saat membeli minuman anggur. Kamera CCTV yang diawasi oleh petugas setempat juga ikut memantau sebagai gerbang pengawasan terakhir.

Beberapa mesin yang dilengkapi alat serupa telah diujicoba dan telah didistribusikan ke berbagai supermarket. Mesin ini sendiri bisa memuat sekitar 700 botol dan disimpan dalam kondisi suhu yang terkontrol. Harga minuman yang ditawarkan mesin ini juga bervariasi dari US$ 7 hingga US$ 23.

“Kami tidak melayani pembeli yang terpengaruh alkohol atau obat-obatan. Kami telah menggunakan teknologi, kami memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memastikan bahwa pembeli seperti itu tidak bisa membeli minuman anggur,” ujar Patrick Stapleton, Ketua Dewan Pengawas Minuman Beralkohol Pensylvania.

Kehadiran mesin ini memungkinan konsumen untuk pertama kalinya mendapatkan minuman beralkohol di supermarket umum. Apapun maksud dan tujuannya, menjauh dari alkohol adalah cara terampuh untuk menikmati hidup sehat dan jauh dari masalah.

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami