Herbal Bagi Kesehatan Bayi Anda

Solusi Sehat / 9 August 2010

Kalangan Sendiri

Herbal Bagi Kesehatan Bayi Anda

Lois Official Writer
5605

Tubuh bayi yang masih rentan, biasanya mengalami berbagai penyakit ringan yang meresahkan orangtuanya. Berikut ini beberapa gangguan dan ramuan herbal untuk mengatasi gangguan tersebut :

Demam

Siapkan satu buah jeruk nipis, 3 butir bawang merah, 1 sendok makan minyak kelapa, dan seujung sendok teh garam. Caranya, potong jeruk nipis lalu peras. Masukkan airnya ke dalam cawan dan masukkan juga bawang merah yang telah ditumbuk kasar, minyak kelapa, dan teh. Aduk sampai rata lalu kompreskan ke ubun-ubun, ketiak, dan samping leher.

Batuk pilek

Siapkan daun sambiloto dan daun jintan masing-masing 3 lembar, daun saga 1/3 genggam, dan sepotong gula batu seukuran kelereng. Cuci bersih semua daun lalu rebus dengan segelas air (200 cc) sampai tersisa 1/3 gelas. Setelah dingin, diminum. Takaran untuk balita yaitu 3 kali ½ - 2 sendok makan.

Diare

Ambil daun muda jambu biji 3 lembar, teh hijau ½ sendok teh, dan 1 sendok teh serbuk beras merah. Rebus daun jambu biji, teh hijau, dan beras merah dengan 2 gelas air (400 cc) sambil diaduk sampai menjadi cairan seperti tajin (kental). Setelah dingin, minumkan pada balita sehari 3 kali, ½ - 2 sendok makan sampai diare berhenti. Perut yang kembung bisa dioleskan dengan minyak kayu putih yang sudah diberi tumbukan bawang merah.

Luka akibat terjatuh

Bersihkan luka dengan air perasan daun iler (Coleus Scutellarioides) karena khasiatnya sebagai antiseptik. Untuk menghentikan aliran darah yang keluar dan juga infeksi, tumbuk 3 lembar daun sirih dan 6 lembar daun sambiloto sampai halus, lalu tambahkan 3 sendok makan air bersih. Peras dan pakai air perasan untuk mengompres luka.

Mimisan

Sediakan daun sirih segar sebanyak 6 lembar. Setelah dicuci bersih, tumbuk sampai halus. Peras dan kumpulkan airnya. Ambil kassa steril, potong secukupnya, basahkan dengan air perasan daun sirih, dan gulung memanjang supaya bisa dimasukkan ke dalam hidung balita. Anak dibaringkan dengan memakai bantal kepala. Setelah mimisan berhenti, kain kassa ditarik keluar.

Itulah berbagai gangguan ringan yang sering menimpa anak-anak dan bagaimana cara pengobatannya dengan menggunakan herbal. Anda dapat memperlengkapi anak-anak agar mempunyai daya tahan tubuh yang kuat dengan memberikannya alpukat, anggur, ataupun bawang putih.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami