Pentingnya Memperkenalkan Kristus Kepada Anak Anda

Parenting / 8 August 2010

Kalangan Sendiri

Pentingnya Memperkenalkan Kristus Kepada Anak Anda

Lestari99 Official Writer
4098

Tata krama dan disiplin merupakan aspek penting dalam mendidik anak secara tepat. Tetapi mengajarkan tata krama kepada anak-anak Anda bukanlah solusi menyelesaikan kerusakan moral yang dihadapi manusia. Menjatuhkan hukuman bagi perbuatan yang salah juga tidak menyelesaikan masalah. Sebenarnya, orangtua yang memusatkan semua tenaga mereka untuk memperbaiki perilaku lahiriah atau mencegah perilaku yang menyimpang melalui ancaman disiplin mungkin sebenarnya tidak lebih dari sekedar melatih kemunafikan.

Saya telah melihat hal ini terjadi berulangkali. Saya mengenal beberapa orangtua Kristen yang beranggapan bahwa mereka berhasil mendidik anak mereka berlaku sopan saat berbicara dengan orang dewasa. Tetapi di belakang orangtua, anak-anak yang sama bisa berubah menjadi anak yang paling nakal dan susah dikendalikan di dalam gereja, terutama ketika mereka sedang bersama teman sebaya tetapi tidak ada sosok otoritas yang hadir.

Dan orangtua terkesan tidak menyadari karakter sejati anak-anak mereka. Hampir semua guru dan pemimpin kaum muda mengetahui betapa frustrasinya mereka saat berhadapan dengan seorang anak yang bermasalah dimana orangtuanya sama sekali menolak untuk mempercayai bahwa anak mereka mampu melakukan perbuatan jahat yang serius. Hal ini sering terjadi karena orangtua telah berfokus semata-mata pada masalah-masalah seperti perilaku umum, tata krama lahiriah, dan bersikap sopan terhadap orang dewasa, tetapi mereka tidak memiliki pengertian mengenai keadaan sebenarnya dari hati anak mereka. Seringkali sang anak mentaati orangtua hanya demi menghindari hukuman.

Memaksakan perilaku lahiriah melalui ancaman disiplin merupakan ajaran perilaku belaka. Tata krama baik yang dihasilkan oleh suatu pendekatan serupa ini hanyalah reaksi yang sudah dipolakan. Sementara pengendalian perilaku jenis ini mungkin tampak menghasilkan keajaiban sesaat (terutama ketika orangtua berada di dekat sang anak). Hal ini tidak menangani masalah kerusakan moral yang merupakan masalah hati.

Hanya ada satu obat bagi masalah kerusakan moral anak yang dibawa sejak lahir: Kelahiran baru – kelahiran kembali. Anak-anak Anda dilahirkan dari daging dan memiliki kecenderungan untuk berbuat dosa. Anak-anak Anda tidak mempunyai kuasa untuk membebaskan diri sendiri dari belenggu dosa. Hati mereka tidak memiliki Roh Kudus. Hati mereka tidak mempunyai kemampuan untuk menyenangkan Tuhan atau mentaati Dia. Karena mereka dilahirkan dari daging, maka mereka menuruti keinginan daging.

Roma 8:7-8
Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya. Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah.

Tugas yang menjadi prioritas utama Anda sebagai orangtua adalah menjadi seorang pemberita Injil di dalam keluarga Anda. Anda perlu mengajar anak Anda mengenai perintah Tuhan; menceritakan Injil kasih karunia; menunjukkan kepada mereka kebutuhan mereka akan Juru Selamat; dan mengarahkan mereka kepada Yesus Kristus sebagai Satu-satunya yang dapat menyelamatkan mereka. Jika mereka bertumbuh tanpa menyadari kebutuhan mereka akan keselamatan, Anda sebagai orangtua telah gagal di dalam tanggungjawab utama Anda sebagai pemimpin rohani mereka.

Tetapi camkanlah: Kelahiran kembali bukanlah sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk mereka. Orangtua yang mendesak, memaksa atau memanipulasi anak mereka justru dapat menyeret anak mereka pada kebenaran yang salah, tetapi iman yang murni adalah sesuatu yang hanya dapat didorong oleh kasih karunia ilahi. Kelahiran baru adalah pekerjaan Roh Kudus. Tuhan bekerja dan berdaulat di dalam hati anak-anak Anda untuk menarik mereka kepada-Nya. Keselamatan mereka adalah persoalan yang pada akhirnya harus diselesaikan antara mereka dan Tuhan. Tetapi sebagai orangtua, Anda bertanggung jawab untuk memuliakan Kristus di dalam keluarga Anda dan menunjukkan Dia sebagai Juru Selamat kepada anak-anak Anda.

Sebagai orangtua yang percaya kepada Yesus, Andalah orang pertama dan pemberita yang paling penting yang telah diberikan Tuhan kepada anak-anak Anda. Mereka akan mengamati kehidupan Anda dari dekat, mencermati apakah Anda sungguh percaya di dalam apa yang Anda ajarkan kepada mereka. Anda memiliki kesempatan yang lebih baik dari siapa pun untuk menolong mereka mencerna apa yang mereka ketahui tentang Kristus. Setiap saat di dalam kehidupan mereka adalah kesempatan untuk belajar, dan Anda harus memanfaatkan kesempatan itu demi kebaikan anak-anak Anda.

Sumber : John MacArthur
Halaman :
1

Ikuti Kami