Jantung Sehat Tunda Penuaan Sel-sel Otak

Jantung Sehat Tunda Penuaan Sel-sel Otak

Budhi Marpaung Official Writer
3606

Kabar baik bagi Anda yang saat ini menjaga kesehatan jantung dengan berolahraga dan memakan makanan yang sehat. Menurut penelitian terbaru Boston University, Amerika Serikat, jantung yang fit dan kuat akan membuat penuaan pada sel-sel otak menjadi lebih lambat.

Dalam jurnal kesehatan Circulation yang mempublikasikan hasil penelitian ini disebutkan kondisi jantung yang tidak baik dalam jangka waktu dua tahun akan mempengaruhi proses penuaan di otak, yakni berkurangnya volume otak. Kondisi tersebut tidak hanya terjadi pada orang lanjut usia. Mereka yang masih berusia 30 tahun-an pun memiliki resiko itu.

"Orang-orang dalam penelitian ini adalah orang sehat, hanya sedikit yang memiliki penyakit jantung. Observasi kami menemukan bahwa sepertiga orang dengan indeks kardio rendah berkaitan dengan volume otak yang lebih kecil," ujar ketua peneliti Dr Angela Jefferson.

Meski volume otak sudah menyusut namun biasanya orang tersebut tidak akan merasakan gejala apa pun.

Para ilmuwan berpendapat penyusutan otak merupakan gejala awal dari penyakit kepikunan atau demensia.

Menjalani kehidupan yang sehat sangatlah menguntungkan tidak hanya untuk hari ini tetapi juga di kemudian hari. Sejumlah penyakit yang timbul selalu diawali oleh kebiasaan yang tidak baik di waktu dulu. Oleh karenanya, selagi tidak memiliki gangguan kesehatan,terapkan gaya hidup tersebut hari ini juga.

Sumber : Kompas Health

Ikuti Kami