Parah, LP Dikendalikan Napi

Nasional / 5 August 2010

Kalangan Sendiri

Parah, LP Dikendalikan Napi

Lestari99 Official Writer
3045

Kasus korupsi di Indonesia memang terhitung cukup parah. Termasuk di lembaga pemasyarakatan yang bertebaran di negeri ini. Sudah menjadi rahasia umum bila ingin mengunjungi napi, maka lembaran-lembaran rupiah harus disiapkan untuk diberikan kepada para sipir penjara. Belum lagi kasus hotel prodeo bintang lima yang beritanya pernah menghebohkan negeri ini beberapa waktu lalu.

Tapi ternyata korupsi yang terjadi di penjara tidak hanya ada di Indonesia. Di Brasil, para sipir penjara yang korupsi juga ada. Saking korupnya para sipir yang berada di penjara Polinter de Queimados di pinggiran Rio de Janeiro, lembaga pemasyarakatan ini dikendalikan sendiri oleh para napi yang berada di dalamnya.

Dengan menyerahkan sejumlah uang kepada para sipir penjara, 150 napi yang berada di dalamnya memegang kunci selnya sendiri. Bahkan mereka mengontrol sendiri siapa yang berkunjung ke penjara, siapa yang keluar dan siapa yang masuk. Bahkan mereka juga bisa mengontrol majalah apa saja yang bisa dinikmati di dalam sel.

Kantor berita AFP, Kamis (05/08) melaporkan berita ini dalam headline mereka. BBC bahkan melaporkan bahwa para napi dipaksa membayar untuk mendapatkan keistimewaan seperti hak dikunjungi kerabat.

Saat ini aparat hukum setempat sedang menyelidiki kasus korupsi para sipir penjara itu. Saat menggerebek LP tersebut, polisi menangkap satu-satunya sipir yang sedang bertugas. Polisi bahkan menemukan kuitansi pembayaran oleh napi yang ingin menikmati sel yang lebih besar dengan kondisi yang lebih bagus. LP itu dihuni oleh 150 tahanan yang sedang menanti sidang.

Penggerebekan oleh polisi dilakukan setelah ada tudingan para sipir menerima setoran dari para tahanan. Penjara Brasil memang memiliki reputasi kekerasan dan kondisi penjaranya yang buruk.

Sumber : detiknews
Halaman :
1

Ikuti Kami