Butuh Bantuan Keuangan Bank? Tanya Banker Aja

Career / 5 August 2010

Kalangan Sendiri

Butuh Bantuan Keuangan Bank? Tanya Banker Aja

Lois Official Writer
2091

Seorang banker menolong perorangan atau lembaga bisnis untuk membeli barang (seperti mesin baru atau rumah), membantu dalam pembayaran secara mekanis, dan menyarankan jalan-jalan mendapatkan dana lebih, seperti penyimpanan dan obligasi. Banker melayani per individu, baik secara tatap muka maupun via telepon atau pun pelayanan online dalam segala sesuatu yang berurusan dengan bank tempat dia bekerja.

Banker khusus melayani setiap orang yang menginvestasikan nilai yang tinggi. Banker umum melayani bisnis skala kecil dan menengah, seringkali berhubungan dengan klien untuk mengetahui apa yang mereka mau dan membantu mengembangkan rencana bisnis mereka.

Aktivitas yang dilakukan manajer banker antara lain :

-         Mengatur, merekrut, dan mengajari tim

-         Mengatasi keluhan klien yang tidak bisa diselesaikan oleh staf umum

-         Mengaplikasikan produk, pelayanan, dan proses baru yang disusun oleh kepala pimpinan

-         Mempresentasikan bank tempatnya bekerja kepada masyarakat yang lebih luas.

-         Membuka maupun menutup transaksi setiap hari dan memastikan bahwa transaksi yang dilakukan pada jalur yang tepat

-         Memenuhi target yang ditetapkan setiap bulannya.

Tanggung jawab yang harus dipikul oleh staf pada umumnya adalah :

Melayani klien secara tatap muka, melalui telepon, maupun dalam bentuk surat.

Melayani klien di konter.

Mengerti kebutuhan klien, merekomendasikan produk yang sesuai dan mengadakan penjualan.

Memproses surat-surat yang dibutuhkan dalam penjualan, mengupdate status klien, menutup pencatatan buku dan sebagainya.

Mempelajari produk, pelayanan, dan proses baru yang ada pada bank tersebut.

Dalam masalah gaji, posisi awal yaitu seperti pelayanan langsung kepada nasabah, gaji yang ditawarkan yaitu Rp 1 juta sampai Rp 2 juta. Gaji setelah 10-15 tahun bekerja bisa mencapai Rp 50 juta. Jabatan dapat lebih sering naik jika mau dipindahtugaskan ke tempat lain.

Hari kerja biasanya dimulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB namun di cabang-cabangnya terkadang harus melakukan kerja shift pada hari Sabtu maupun Minggu. Staf tetap tentu saja akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti kesehatan, jaminan hari tua, pembagian keuntungan tahunan, dan asuransi. Biasanya juga disediakan pakaian khusus yang telah ditetapkan maupun pakaian yang hanya diperkenankan dipakai selama bekerja.

Jika Anda ingin menjadi seorang banker, ambillah Fakultas Ekonomi dimana Anda lebih memfokuskan diri dan belajar mengenai bank. Bila nanti Anda menghadapi tugas akhir, pilihlah tugas tentang perbankan, sehingga fokus Anda tidak beralih. Kebanyakan bank sekarang merekrut karyawan bank kompetitor dan juga dari industri yang lain. Bank jarang membutuhkan lulusan baru, namun banyak yang mencari lulusan S2.

Sumber : prospects/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami