Hubungan AS-Jepang Digambarkan dengan Komik

Nasional / 4 August 2010

Kalangan Sendiri

Hubungan AS-Jepang Digambarkan dengan Komik

Lois Official Writer
2311

Militer Amerika Serikat (AS) memiliki cara unik dalam menjelaskan hubungan militer AS dengan Jepang. Mereka menggunakan media komik atau biasa disebut manga dalam kebudayaan Jepang. Komik ini bertujuan untuk memberikan pelajaran kepada anak-anak di Jepang mengenai hubungan AS dan Jepang dalam sebuah kerjasama keamanan. Komik ini dirilis sebagai peringatan 50 tahun pakta keamanan yang ditandatangani kedua negara.

Format komik dipilih karena dianggap sebagai media yang sudah umum di Jepang, selain itu diharapkan masyarakat Jepang dapat mudah menerima hal tersebut karena manga sudah menjadi bagian kebudayaan dari masyarakat mereka. Rilisnya komik ini dilakukan di tengah kekisruhan hubungan AS-Jepang menyusul pangkalan militer di Okinawa yang batal dipindahkan.

Empat seri komik ini mengisahkan pertemanan anak perempuan Jepang dan bocah laki-laki asal AS. Komik ini akan dimuat di internet. Kisah pertamanya sendiri, yang berjudul “Our Alliance – A Lasting Partnership” akan dimuat lewat internet hari ini. Demikian diberitakan AFP, Rabu (4/8).

Dalam menjelaskan hubungan AS-Jepang, AS cukup kreatif juga dalam memakai cara seperti ini, cara yang dapat diterima setiap orang dan dari kalangan apa saja. Bahkan selain Jepang, komik sudah mewabah ke negara-negara lain. Dengan demikian, gambaran hubungan militer AS-Jepang dapat lebih ditingkatkan lagi. Mungkin di Indonesia sendiri, dapat menjadikan komik sebagai ajang untuk memajukan Indonesia. Mungkin menggambarkan keindahan alam sebagai tempat pariwisata, kebudayaan Indonesia agar dikenal generasi penerus, atau sebagainya.

Sumber : okezone/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami