Provinsi Maluku Utara Pindah Ibukota

Nasional / 4 August 2010

Kalangan Sendiri

Provinsi Maluku Utara Pindah Ibukota

Budhi Marpaung Official Writer
8905

Setelah menunggu hampir 11 tahun, akhirnya provinsi Maluku Utara (Malut) beribu kota di Sofifi, Kecamatan Oba Utara. Sebelumnya, ibukota dari provinsi Malut adalah Ternate.

Bila mengacu kepada Undang-Undang Nomor 46 Tahun 1999, Sofifi adalah ibukota Malut yang sebenarnya. Namun, karena keterbatasan infrastruktur ketika itu, pemerintah setempat memindahkan ibu kota sementara ke kota Ternate yang padat penduduk.

Setelah pembangunan yang memakan waktu cukup lama, kini Sofifi telah menampung kantor gubernur, DPRD,  kejaksaan tinggi, kepolisian daerah, serta kantor-kantor dinas pemerintah provinsi.

Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu (4/8) pagi waktu setempat, rencananya akan meresmikan perpindahan ibukota Provinsi Malut dari Ternate ke Sofifi.

Selain itu, SBY juga akan menyaksikan penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun 2010 oleh beberapa bank badan usaha milik negara (BUMN) kepada perwakilan debitur.

Dalam acara tersebut, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II (KIB II) juga akan hadir diantaranya Menko Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, Menko Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad.

Sumber : Kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami