Siapkan Pensiun yang Nyaman dan Bahagia

Investment / 2 August 2010

Kalangan Sendiri

Siapkan Pensiun yang Nyaman dan Bahagia

Lois Official Writer
3454

Dalam memasuki usia pensiun, jika Anda belum mempersiapkan semuanya untuk masa pensiun Anda, akan sangat sulit dijalani. Yang ada, Anda harus terus bekerja untuk dapat menghidupi diri Anda sendiri. Mulai sekarang, cobalah sisihkan penghasilan Anda untuk masa tua Anda, dimana Anda bisa bersenang-senang menikmati hidup. Berikut adalah ciri-ciri Anda siap pensiun :

Anggaran buat pensiun yang telah tersedia

Para pensiunan memang tidak lagi harus memikirkan biaya transportasi ke kantor ataupun membeli pakaian resmi. Namun, tetap saja pengeluaran Anda sama seperti ketika Anda masih bekerja. Leisa Brown Aiken, pemegang sertifikat financial planner dari Veo Financial Counsel di Chicago mengatakan, “Saya tidak bisa menemukan orang pensiun yang pengeluaran lebih rendah daripada saat dia masih bekerja.” Bahkan, jika Anda merencanakan untuk travel atau mengembangkan hobi baru Anda, maka pengeluaran itu akan semakin meningkat, begitu menurutnya.

Selidiki arus keluar masuk uang Anda

Para pensiun kebanyakan menerima pemasukan uang dari beberapa sumber, termasuk Jamsostek, investasi, anak-anak mereka ataupun melalui pekerjaan paruh waktu. Anda perlu memastikan bahwa Anda menerima uang yang memadai untuk membayar tagihan bulanan Anda.

Perbesar lagi sarang burung Anda

Seberapa banyak Anda ingin menyimpan uang untuk hari pensiun Anda tergantung dari seberapa banyak pengeluaran pada masa pensiun Anda tersebut dan seberapa banyak penghasilan yang Anda akan terima nantinya. Sebaiknya pikirkan juga langkah-langkah apa yang harus Anda ambil untuk mencegah jika ada inflasi keuangan nantinya dan lakukan pencegahan mulai dari sekarang.

Bangun strategi aset Anda

Anda perlu mempersiapkan rencana atas aset yang Anda miliki. Biasanya penasihat keuangan akan mengatakan bahwa Anda bisa menyiapkan 4% dari keseluruhan aset yang dimiliki untuk masa pensiun Anda.

Siapkan asuransi kesehatan

Saat Anda masih 30 tahunan, mulailah mengambil asuransi kesehatan. Sekarang ini ada banyak asuransi kesehatan yang bisa diikuti, bahkan sekarang bercampur dengan investasi untuk hari tua. Anda dapat memilih yang terbaik sehingga ketika memasuki usia pensiun, Anda mempunyai uang tambahan bagi masa pensiun Anda.

Persiapan untuk kesehatan jangka panjang

Persiapan ini sangat diperlukan jika tubuh yang telah mengalami penuaan, terkadang mengalami lemah tubuh dan memerlukan perawatan kesehatan lainnya.

Pertimbangkan untuk aktivitas baru

Carilah aktivitas baru yang dapat Anda ikuti ketika Anda sudah pensiun. Anda harus menggantikan hari-hari bekerja Anda dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan Anda ataupun yang dapat membuat Anda tetap produktif.

Bergabung dalam aktifitas sosial

Bantulah orang lain selagi Anda bisa. Lakukan hal-hal positif yang dapat menolong orang lain. Anda dapat menjadi sukarelawan di perpustakaan, dalam regu bala bantuan korban alam, dan lain sebagainya.

Mengatur bersama pasangan

Memasuki masa pensiun, membuat hubungan kita dengan pasangan berubah. Ada hal-hal yang perlu diperbaharui dan diputuskan, meskipun Anda berdua memasuki masa pensiun bersama.

Pilih tempat tinggal Anda

Sekali Anda berhenti dari pekerjaan Anda, Anda bebas pergi kemanapun yang Anda mau. Anda bisa membeli kondominimum kecil atau rumah di tepi pantai, atau rumah yang nyaman dan sederhana di pedesaan, maupun tetap tinggal di rumah Anda dan Anda buat senyaman mungkin atau Anda ingin tinggal dekat cucu-cucu Anda.

Sediakan dana cadangan

Meskipun tidak banyak yang ingin Anda kerjakan dalam masa pensiun kecuali menikmati hari tua Anda bersama keluarga, Anda tetap harus menyiapkan dana cadangan untuk keperluan darurat yang tidak terpikirkan oleh Anda, buat berjaga-jaga agar hari tua Anda tetap terjamin.

Bayar semua hutang

Dengan membayar semua hutang Anda, tidak ada beban dalam masa tua Anda sehingga Anda dapat menikmati hari-hari tua Anda dengan tenang dan bahagia.

Nah, mulai sekarang cobalah untuk menyisihkan uang Anda demi kenyamanan hidup masa tua Anda. Jika semua hal-hal di atas bisa dipenuhi, maka bisa dipastikan masa pensiun Anda dapat berjalan baik.

Sumber : yahoo/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami