Prancis Menyatakan Perang Terhadap Al-Qaeda

Nasional / 28 July 2010

Kalangan Sendiri

Prancis Menyatakan Perang Terhadap Al-Qaeda

Lois Official Writer
2379

Prancis resmi lancarkan perang atas jaringan teroris Al-qaeda. Pemerintah negeri anggur ini merasa perlu mencanangkan secara resmi setelah Al-qaeda membunuh seorang warga Prancis di kawasan Afrika Utara, yang mereka sandera sejak April yang bernama Michel Germaneau. “Kami kini berperang melawan Al-qaeda,” ujar Perdana Menteri Prancis, Francois Fillon, Rabu 28 Juli 2010.

Michel Germaneau merupakan pekerja kemanusiaan yang sudah berusia 78 tahun dan diculik oleh Al-qaeda sekitar tanggal 20 atau 22 April 2010. germaneau kemudian dibawa ke Mali. Dalam suatu siaran radio pada hari Minggu, 25 Juli 2010, Al-qaeda menyatakan bahwa mereka telah membunuh Germaneau sebagai balasan atas bantuan Prancis kepada negara-negara Afrika dalam melancarkan serangan kepada mereka. Namun, para pejabat Prancis yakin bahwa Germaneau telah lama dibunuh.

Selama ini, Prancis hanya memberi dukungan kepada negara-negara sekutu di Afrika seperti Mauritania, Mali, Niger, dan Aljazair untuk memerangi Al-qaeda di kawasan itu. Kini Prancis bertekad melancarkan perang secara langsung kepada Al-qaeda. Sikap Prancis itu langsung didukung oleh Amerika Serikat yang memerangi Al-qaeda di Afganistan dan sekitarnya sejak tragedi serangan teror 11 September 2001. “Para pembunuh tidak akan dibiarkan lolos dari hukuman,” kata Sarkozy.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami