Gas Dicongkel Petugas Sosialisasi, 2 Warga Terbakar

Gas Dicongkel Petugas Sosialisasi, 2 Warga Terbakar

Puji Astuti Official Writer
1944

Setiap hari ada berita gas meledak, malah kali ini kejadiannya saat sosialisasi gas elpiji. Peristiwa ini terjadi di Dusun Panggang, Desa Kembang, Kecamatan Tlogosari, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur yang mengakibatkan dua orang warga mengalami luka bakar.

Tapi jangan terburu menuduh yang bukan-bukan, pasalnya ledakan terjadi karena karyawan PT Multi Top dari Jember, Jawa Timur yang melakukan sosialisasi pemasangan regulator ternyata melakukan kesalahan fatal. Saat berusaha memasang gas elpiji dari rumah Nari (32) warga setempat, gas tidak keluar. Akhirnya karyawan yang bernama Agus Suharyono (20) tersebut mencongkel pen tabung dengan obeng hingga rusak dan menyebabkan gas bocor.

Kuatir membahayakan warga tabung gas dibawa ke kamar mandi dan direndam. Namun saat tabung gas diangkat, tiba-tiba muncul kobaran api karena terpicu oleh api kompor yang sedang dinyalakan oleh Marsina (80) di belakang. Akibatnya Rian dan Supriyanto mengalami luka bakar yang cukup serius.

Kedua korban menuntut ganti rugi biaya perawatan dan biaya hidup sehari-hari, karena kedua pria tersebut adalah tulang punggung keluarga. Sedangkan Agus Suharyono, karyawan PT Multi Top Jember yang berada dibawah kendali Koperasi Purna Karya Pertamina ini dijerat Pasal 360 ayat 2 tentang kelalaian yang menyebabkan orang lain terluka dengan ancaman hukuman sembilan bulan penjara.

Kejadian ini menjadi pembelajaran penting, bahwa seorang petugas sosialisasi harus tahu betul cara pemasangan tabung gas dengan benar. Jika petugasnya saja memberi contoh yang salah, bagaimana dengan masyarakat yang diajari, bisa-bisa setiap rumah mengalami ledakan kompor gas jika begini caranya.

Sumber : Kompas

Ikuti Kami