Fuel Pump Jebol: Premium Mengandung Belerang Tinggi?

Nasional / 27 July 2010

Kalangan Sendiri

Fuel Pump Jebol: Premium Mengandung Belerang Tinggi?

Lestari99 Official Writer
3744

Tak bisa tinggal diam menghadapi fuel pump armadanya yang jebol, operator taksi Gamya memgirimkan sampel premium Pertamina ke laboratorium di Thailand. Dan hasilnya sungguh mencengangkan.

“Laboratorium di Indonesia mengatakan bahwa premiumnya normal, tapi di Thailand, laboratorium mereka menyatakan sulfurnya terlalu tinggi,” kata Mintarsih Latif, Presiden Direktur Taksi Gamya, di Jakarta, Senin (26/7).

Sekretaris Korporat PT Pertamina, Toharso, sebelumnya mengatakan hasil pemeriksaan premium belum menunjukkan adanya cacat kualitas pada produk premium Pertamina. Pertamina bahkan berani menegaskan premium telah memenuhi standar dan mutu bahan bakar minyak jenis bensin yang dipasarkan di dalam negeri.

Menanggapi isu ini, tim gabungan yang berasal dari Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Direktorat Jenderal Migas, dan PT Pertamina (Persero) langsung terjun ke lapangan dan melakukan sidak ke sejumlah SPBU di Jabodetabek untuk memeriksa kualitas BBM. Pengujian secara acak di sejumlah SPBU di Jabodetabek tidak hanya akan dilakukan pada hari ini namun dilakukan beberapa kali dan tidak hanya di hari ini.

Kerusakan fuel pump telah menjadi isu di masyarakat seminggu terakhir ini. Pasalnya lebih dari 1.000 unit taksi serta mobil pribadi di Ibu Kota tiba-tiba mengalami rusak fuel pump. Padahal komponen ini termasuk yang jarang diganti. Apalagi fenomena ini juga dijumpai pada mobil yang masih baru.

Tudingan pun diarahkan pada kualitas premium Pertamina yang diduga terlalu banyak mengandung belerang atau sulfur. Hal ini terlihat dari hasil pengecekan fuel pump yang banyak kotorannya. Bahkan ketika beberapa komunitas mobil melakukan pengurasan tangki bersama, ditemui sisa bahan bakar yang menghitam dan ada endapannya. Makin hitam bahan bakar makin bau pula bensinnya.

Pertamina oh pertamina. Belum selesai kasus tabung gas meledak di mana-mana, kerusakan fuel pump akibat premium pun menjadi fenomena. Ada apa dengan pertamina?

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami