Bidan, Penolong bagi Wanita saat Melahirkan

Career / 22 July 2010

Kalangan Sendiri

Bidan, Penolong bagi Wanita saat Melahirkan

Lois Official Writer
4493

Bidan adalah sebutan bagi orang yang belajar di sekolah khusus untuk menolong perempuan saat melahirkan. Peran dan posisi bidan di masyarakat sangat dihargai dan dihormati sangat dihargai dan dihormati, khususnya yang berada di daerah pedesaan.

Definisi bidan menurut ICM adalah seorang yang telah menjalani program pendidikan bidan yang diakui oleh negara tempat ia tinggal, an telah berhasil menyelesaikan studi terkait serta memenuhi persyaratan untuk terdaftar dan atau memiliki izin formal untuk praktek bidan. Bidan merupakan salah satu profesi tertua di dunia sejak adanya peradaban umat manusia.

Menurut Kepmenkes, bidan adalah seorang wanita yang telah mengikuti program pendidikan bidan dan lulus ujian sesuai persyaratan yang berlaku. Dalam menjalankan tugasnya, bidan yang berkualitas adalah bidan yang mempunyai standar pelayanan kebidanan, kode etik, dan melakukan etika kebidanan, mereka mempunyai ketrampilan yang berdasar pada pengetahuan teoritis, tergabung dalam suatu organisasi professional dan lulus tes. Selain itu, bidan juga terus meningkatkan pengetahuannya dan paling bagus bila memiliki lisensi. Biasanya bidan tergabung dalam Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan International Confederation of Midwifes (ICM).

Seorang bidan haruslah bekerja sebagai mitra perempuan untuk memberikan dukungan, asuhan dan nasehat selama masa hamil, masa persalinan dan masa nifas, memimpin persalinan atas tanggung jawab sendiri dan memberikan asuhan kepada bayi baru lahir, dan bayi pada umumnya. Asuhan ini mencakup upaya pencegahan, membantu persalinan normal, dekteksi komplikasi pada ibu dan anak dan akses bantuan medis atau bantuan lain yang sesuai.

Bidan mempunyai tugas penting dalam konseling dan pendidikan kesehatan, tidak hanya kepada perempuan tetapi juga kepada keluarga dan masyarakat. Kegiatan ini mencakup persiapan menjadi orangtua, kesehatan ibu hamil, kesehatan reproduksi, dan asuhan anak.

Bidan dapat melakukan praktek di berbagai tatanan pelayanan, termasuk di rumah, masyarakat, rumah sakit, klik, atau unit kesehatan lainnya. Ada beberapa jenis bidan yaitu :

Bidan tarik – bidan yang baru dipanggil ketika akan melahirkan

Bidan tempah – bidan yang sudah dipesan terlebih dahulu untuk menolong seseorang ketika akan melahirkan nantinya.

Jika Anda ingin menjadi bidan, Anda dapat mengikuti pendidikan kebidanan yaitu D3 Kebidanan dan D4 Bidan Pendidik. Anda juga dapat mengikuti pelatihan non formal seperti LSS, APN, APK, seminar, lokakarya, dan lain-lain.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami