Otot Sakit? Dicabe-in Aja...

Fit & Charming / 22 July 2010

Kalangan Sendiri

Otot Sakit? Dicabe-in Aja...

Lois Official Writer
4500

Cabai selain dapat dimakan, ternyata mempunyai banyak manfaat. Di antaranya yaitu sebagai anestesi lokal pada luka, sebagai bedak tabur, dan juga untuk membantu terapi medis. Anda penasaran bagaimana bisa? Simak deh rincian berikut ini :

Sebagai anestesi lokal

Anda bisa meredakan gangguan otot dengan memadukan cabai dan mustard (sejenis bumbu) karena kedua komponen ini akan bekerja sebagai anestesi lokal dan bisa meredakan kekakuan dan rasa sakit di otot. Paduan kedua komponen ini akan lengkap bila dipadukan juga dengan minyak kelapa yang belum dipecah.

Berikut bahan dan cara pembuatan paduan komponen tersebut :

Satu cangkir (200 gram) cabai

Empat sendok makan bubuk mustard

Satu cangkir (200 gram) minyak kelapa yang belum dipecah

Enam sendok the (40 gram) beeswax (lilin yang bisa dihasilkan oleh lebah)

Empat paket pad kain kasa penutup luka, ukuran 10x10 cm

Empat paket penutup luka berperekat, ukuran 12x12 cm

Cara membuat :

Cuci dan potonglah cabai hingga halus. Padukan cabai dan bubuk mustard dengan minyak kelapa dalam panic bergagang. Tutup dan panaskan dengan api kecil selama dua menit. Matikan api dan dinginkan dengan tutup masih terpasang

Tuangkan campuran cabai ke dalam kain katun tipis di atas saringan dan peraslah minyak ke dalam mangkuk di bawahnya. Selanjutnya, tempatkan kembali minyak ke dalam panic dan panaskan.

Tambahkan beeswax ke dalam minyak dan panaskan dengan api sangat kecil hingga mencair, kira-kira dua menit lamanya lalu angkat dari api.

Rendamlah pad pembalut luka dalam campuran minyak saat masih panas. Ketika sudah benar-benar menyerap, angkat pad dan biarkan selama 10 menit di atas kertas lilin.

Begitu kering, pad disatukan dan disusun bertingkat, dibungkus dalam plastik dan simpan dalam kulkas hingga diperlukan. Pad ini bisa bertahan selama satu tahun.

Anda bisa menempelkan pad ini di atas pembungkus luka berperekat, kemudian tempelkan di area yang sakit. Jaga agar area tersebut tetap hangat dan biarkan selama 30 menit hingga satu jam.

Bedak tabur cabai

Bubuk cabai dan bubuk mustard dapat juga digunakan untuk membuat bedak tabur hangat yang berfungsi menguatkan aliran darah. Campurkan satu sendok teh bubuk cabai, satu sendok teh bubuk mustard, dan satu sendok makan kanji tepung jagung. Oleskan campuran ini ke kaki yang dingin sebelum mengenakan kaos kaki.

Terapi medis

Kombinasi cabai dan mustard ini pun dapat digunakan sebagai terapi medis alami, tapi sebaiknya tidak digunakan sebagai pengganti terapi medis yang sedang Anda jalani tanpa arahan dokter. Kombinasi seperti ini dan beberapa jenis herbal lainnya bisa berinteraksi dengan obat-obatan yang diresepkan, termasuk pil dan obat anti depresi. Lakukan tes kulit selama 24 jam sebelum menggunakan.

Mulai sekarang, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami bagi kepentingan tubuh Anda. Baik itu untuk kesehatan maupun untuk pemeliharaan tubuh. Selamat mencoba.

Sumber : mediaindonesia/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami