Investasi Dijamin 50% Pasti Aman, Mungkinkah?

Investment / 20 July 2010

Kalangan Sendiri

Investasi Dijamin 50% Pasti Aman, Mungkinkah?

Puji Astuti Official Writer
2114

Bagaimana jika konsultan keuangan perusahaan dimana Anda bekerja menawarkan kepada Anda investasi yang menjamin 50% dari investasi Anda pasti aman dan dilakukan secara legal? Mungkin Anda akan dengan cepat menjawab “Ya”, karena tidak ada satupun investasi yang menjamin uang Anda pasti aman. Selain Anda bekerja, Anda akan mendapatkan keuntungan atas perusahaan.

Inilah yang dilakukan Brock McEwen, direktur dari Gread West Life dalam menjaring menambah modal perusahaannya. Untuk tiap $2 saham yang dibeli, perusahaan menjamin $1 dolar pasti akan kembali – bahkan ketika harga saham tidak ada kenaikan atau turun.

Bob Gorman, wakil direktur dari TD Waterhouse setuju dengan tipe penggalangan dana jenis ini. Secara umum, menurutnya setiap orang dapat melakukan investasi sekitar 1-5% dari penghasilannya.

Namun hal ini bukanlah tanpa resiko, hal terburuk jika perusahaan tersebut bankrut maka Anda bukan hanya kehilangan pekerjaan Anda, namun juga kehilangan 50% dari investasi Anda. Untuk menghindari hal terburuk ini, maka jangan menginvestasikan keseluruhan tabungan Anda dalam saham seperti ini.

Prinsip jangan menyimpan telur dalam satu keranjang adalah penting menjamin investasi Anda. Lakukan diversifikasi investasi Anda, pertimbangkan resiko dari masing-masing investasi. Pastikan Anda mampu menanggung setiap resiko tersebut.

Investasi selain menjanjikan keuntungan, juga pasti ada resiko yang mungkin terjadi. Untuk itu mempelajari resiko dan keuntungan dari setiap investasi adalah hal mutlak yang harus Anda lakukan sebelum Anda memutuskan untuk menanamkan uang Anda dalam suatu instrument investasi.

Sumber : Money Sence
Halaman :
1

Ikuti Kami