Ma Xiuxian, Murid SD Tertua Di Dunia

Nasional / 19 July 2010

Kalangan Sendiri

Ma Xiuxian, Murid SD Tertua Di Dunia

Lestari99 Official Writer
2995

Tak ada kata selesai untuk terus belajar dan menuntut ilmu. Tak ada kata gengsi untuk membiarkan diri tenggelam dalam kebodohan. Semboyan inilah yang mungkin dimiliki oleh seorang nenek dari dataran Cina, tepatnya di Kota Jinan, Provinsi Shandong.

Meskipun telah berusia 102 tahun, ia tetap bertekad untuk menuntut ilmu dengan menjadi murid pada salah satu sekolah dasar di daerah setempat. Tak heran jika ia saat ini dikenal sebagai murid SD tertua di dunia.

Tidak semua orang bisa mencapai usia sepanjang Nenek Xiuxian. Tapi tidak semua orang pula yang masih muda dan memiliki potensi yang besar untuk maju memiliki motivasi dan keinginan untuk belajar seperti Nenek Xiuxian.

Seperti seorang anak kecil yang tak dibedakan dengan murid lainnya, Nenek Xiuxian mengikuti pelajaran yang diberikan dengan sangat serius. Umur bukan masalah, karena semangat yang dimilikinya telah mengalahkan umur yang bagi orang lain menjadi penghalang tapi tidak bagi Nenek Xiuxian.

Bayangkan saja, bagaimana rasanya bila Anda telah mengalami gangguan usia senja, seperti radang sendi, penglihatan rabun, darah tinggi, tulang rapuh, berpikir lambat, namun tetap saja Anda harus bersekolah dan menempuh pendidikan normal?

Jika Nenek Xiuxian saja bisa memiliki semangat dan motivasi sebesar itu, padahal bisa saja sisa umurnya tidak panjang lagi, bagaimana dengan kita? Akankah potensi dan kesempatan yang kita miliki saat ini akan terbuang percuma dengan dalih keadaan yang mungkin tidak seberapa dibandingkan dengan Nenek Xiuxian?

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami