Dijadikan Pembuangan Pengungsi, Timor Leste Protes

Nasional / 19 July 2010

Kalangan Sendiri

Dijadikan Pembuangan Pengungsi, Timor Leste Protes

Puji Astuti Official Writer
2943

Pemerintah Australia melalui Perdana Menteri Julia Gillard beberapa waktu lalu mengumumkan bahwa negaranya akan menjadikan Timor Leste tempat penampungan dan pemprosesan para pengungsi dan pencari suaka. Namun hal tersebut menimbulkan protes dari sekelompok aktivis masyarakat sipil Timor Leste.

"Kami mengutuk keras kebijakan PM Australia yang ingin menjadikan Timor Leste sebagai kamp pengungsi bagi warga negara asing yang mencari suaka ke Australia," demikian ungkap Koordinator Program Komisi Eropa di Timor Leste Emanuel Bria di Kupang, Minggu (18/7).

Emanuel dan Luta Hamutuk Institute menentang kebijakan pemerintah Australia tersebut karena hal tersebut menurutnya akan menimbulkan masalah rasisme di negera yang masih dalam berkembang tersebut.

Para aktivis juga mengkritik Presiden Jose Ramos Horta yang menerima permintaan Perdana Menteri Australia tersebut. Permasalah pengungsi tersebut diperkirakan akan menambah masalah bagi Timor Leste dan negara-negara di wilaya pasifik terutama dibidang sosial dan ekonomi

Sumber : TV One
Halaman :
1

Ikuti Kami