Hubungan Antara Berat Badan dan Otak

Hubungan Antara Berat Badan dan Otak

Lois Official Writer
4202

Jaringan otak yang sehat ternyata dapat dilihat dari timbangan berat badan kita. Ini diketahui setelah sejumlah pakar UCLA melakukan riset. Dikatakan, orang-orang dengan berat yang berlebih cenderung mempunyai jaringan otak 4 persen di bawah normal. Otak mereka juga dipercaya 8 tahun lebih tua ketimbang orang yang berat badannya ideal.

Kenapa hal ini terjadi? Hal ini bisa terjadi karena kadar lemak dan kalori yang tinggi dalam tubuh dapat mempersempit pembuluh arteri otak kita sehingga akan menghambat aliran darah dan ikut menyebabkan pengecilan ukuran otak. Penelitian seperti ini mendorong kita untuk semakin semangat menjaga pola makan. Tidak semata-mata agar tampilan tubuh lebih menarik, tapi juga agar menjaga kecerdasan otak kita.

Untuk makanan kita perlu menimbang kandungan yang ada di dalamnya, yaitu memiliki kandungan air dan serat yang tinggi. Mengapa? Sebab nilai kalorinya rendah meski secara tampilan, buah dan sayur misalnya memiliki volume yang besar.

Serat berperan penting dalam membuat tubuh lebih mudah mencerna dan juga membuat kita tidak mudah kelaparan. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan minuman yang sehat dan tepat, yaitu minuman yang tidak mengandung soda atau minuman berenergi. Minuman-minuman ini memiliki nilai kalori yang sangat tinggi.

Jangan lupa juga untuk berolahraga teratur agar metabolisme tubuh berjalan dengan optimal. Hal ini untuk menghindari penimbunan lemak di setiap inci bagian tubuh. Jadi, sudah siap untuk menyehatkan otak kita? Mulailah dengan menjaga berat badan kita.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami