Gamelan Diajarkan Di Sekolah-Sekolah AS

Nasional / 14 July 2010

Kalangan Sendiri

Gamelan Diajarkan Di Sekolah-Sekolah AS

Lestari99 Official Writer
2597

Indonesia yang kaya dengan seni dan budayanya memang sangat membanggakan. Warisan budaya leluhur ini telah menarik banyak orang di benua lain untuk mempelajarinya. Seperti gamelan misalnya. Meskipun baru 15 tahun masuk Amerika Serikat, namun musik tradisional Jawa ini sudah masuk ke dalam kurikulum pendidikan di Amerika Serikat.

“Gamelan dan beberapa tari Indonesia akan dipelajari dari taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi," ujar Joko Sutrisno, Direktur Gamelan Sumunar Indonesia Music dan Dance di sela pentas budaya persahabatan Indonesia-Amerika di Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (14/7).

Bisa dibilang sebenarnya seni gamelan terlambat masuk ke AS bila dibandingkan dengan tradisi budaya dari negara lain. Namun belakangan, perkembangan gamelan di negeri Paman Sam itu justru sangat menggembirakan. Tak heran bila akhirnya AS juga memasukkan gamelan ke dalam kurikulum pendidkan mereka.

Linda James selaku Presiden Sumunar Indonesia Music dan Dance mengatakan, sampai sekarang sudah ada lebih dari 15 ribu orang AS yang mempelajari gamelan dan tari asal Indonesia. Sumunar Indonesia Music dan Dance sendiri merupakan organisasi seni pertunjukan yang berbasis di Minnesota, AS.

Kalau orang luar saja bisa begitu tertarik dengan budaya warisan leluhur, bagaimana dengan kita, anak bangsa yang seharusnya bertanggungjawab untuk melestarikan budaya bangsa yang merupakan harta yang sangat berharga bagi negeri ini.

Sumber : yahoonews
Halaman :
1

Ikuti Kami