Mahasiwa ITS Ukir Prestasi di Malaysia

Nasional / 13 July 2010

Kalangan Sendiri

Mahasiwa ITS Ukir Prestasi di Malaysia

Budhi Marpaung Official Writer
2469

Kembali anak-anak muda di Indonesia mengharumkan nama bangsa di ajang internasional. Mahasiswa Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya ditetapkan dewan juri sebagai juara pertama kelas Urban Concept kompetisi mobil irit Shell Eco-Marathon (SEM) Asia 2010 setelah mobil Sapu Angin 2 yang mereka buat meraih dua gelar yakni Combution Grand Prize dan Gasoline Fuel Award.

Dalam siaran pers yang dikirim ke berbagai media massa disebutkan kemenangan Tim ITS ini tidak lepas dari kelebihan mobil Sapu Angin 2 yang bobotnya cukup ringan dibanding mobil sejenis yakni sebesar 93 kilogram.

Dosen Teknik Mesin ITS, Triyogi yang menjadi pendamping Tim ITS menyatakan efisiensi mesin menjadikan mobil Sapu Angin 2 unggul dalam kelas Urban Concept di antara mobil 15 universitas ternama se-Asia. Pada saat dilakukan ujicoba, mobil Sapu Angin 2 mencatatkan rekor jarak tempuh 236,6 kilometer untuk setiap satu liter bensin.

Ini adalah kali pertama ITS mengikuti SEM Asia dimana pihak kampus mengirimkan dua mobil hemat BBM yakni Sapu Angin 1 dan Sapu Angin 2.

Sebagai informasi, Sapu Angin 1 merupakan mobil prototip futuristik mirip gokart dengan target satu liter BBM untuk jarak tempuh 1.000 kilometer.

Sementara itu, mobil Sapu Angin 2 merupakan mobil roda empat konvensional, namun hanya berisi 1-2 penumpang dengan target satu liter BBM untuk jarak tempuh 300 kilometer.

SEM adalah ajang yang ditujukan bagi mahasiswa yang bertujuan untuk mengembangkan inovasi, imajinasi, dan kreativitas dalam menciptakan teknologi kendaraan masa depan, yang dapat menempuh jarak terjauh, hemat energi, dan ramah lingkungan.

Ajang SEM telah populer di Eropa sejak 25 tahun yang lalu, tepatnya setelah penyelenggaraan pertama di Prancis pada 1985.

Untuk tahun ini, SEM diadakan Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia selama 3 hari yakni mulai dari tanggal 8 sampai 10 Juli 2010.

Selamat kepada civitas akademika ITS Surabaya yang telah berhasil menorehkan prestasi di dunia internasional, semoga ke depannya makin banyak anak negeri ini yang melakukan hal yang sama.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami