Gara-gara Final Piala Dunia, Sidang DPR Telat?

Nasional / 12 July 2010

Kalangan Sendiri

Gara-gara Final Piala Dunia, Sidang DPR Telat?

Budhi Marpaung Official Writer
2869

Ada-ada saja kelakuan para anggota dewan perwakilan rakyat. Belum genap satu tahun menjabat sebagai anggota legislatif, para wakil rakyat ini malah menunjukkan hal yang kurang patut dicontoh oleh rakyat Indonesia.

Sidang pembukaan masa sidang DPR yang semestinya dimulai pukul 09:00 Waktu Indonesia Barat mendadak harus dimundurkan hingga hampir dua jam akibat sidang yang belum memenuhi kuorum.

Ketua DPR RI, Marzuki Alie, yang merupakan pemimpin sidang sempat menyindir ketidakhadiran para koleganya di gedung DPR hari ini.

"Memalukan, baru periode sekarang, awal kerja kita ditunjukkan ketidakdisiplinan. Periode lalu kejadian seperti ini baru terjadi menjelang pemilu, sekarang, belum sampai satu tahun," ujarnya.

Marzuki yang sempat menjadi calon ketua umum Partai Demokrat meminta para pimpinan Fraksi yang hadir untuk meng-sms anggotanya yang belum hadir pagi itu.

Meskipun dirinya adalah Ketua DPR, Marzuki mengaku tidak memiliki hak memberikan teguran kepada para anggota DPR. "Pimpinan DPR tidak berkewenangan mengendalikan anggota fraksi. Pimpinan tidak bisa memberikan teguran," kata Marzuki Alie.

Sementara, melihat kondisi pagi tersebut, salah satu anggota DPR dari Fraksi Demokrat Sutan Batoegana beralasan bahwa itu terjadi karena banyak anggota dewan yang menonton Final Piala Dunia dan paginya akhirnya “tewas”. Ia pun mengusulkan agar sidang ditunda sampai esok hari.

Namun, apa yang diusulkan Sutan Batoegana tidak terjadi karena pukul 10:50 Wib anggota sidang yang masuk sudah terkumpul 283 orang atau telah memenuhi ketentuan kuorum setengah tambah satu.

Adapun jumlah seluruh anggota DPR RI periode 2009-2014 adalah 560 orang.

Belum juga pulih citra anggota DPR RI di mata rakyat Indonesia malah mereka sudah berbuat ulah. Tidak ada salahnya memang wakil rakyat menonton tayangan sepakbola sejagat, tetapi janganlah lupa juga dengan tugasnya di esok hari. Tunjukkanlah kepada masyarakat bahwa Anda adalah orang yang disiplin dan bertanggungjawab. Menepati waktu merupakan  salah satu ciri-cirinya.

Sumber : VIVAnews
Halaman :
1

Ikuti Kami