Konsumsi Suplemen? Berhati-hatilah Agar Tidak Ketergantungan

Info Sehat / 10 July 2010

Kalangan Sendiri

Konsumsi Suplemen? Berhati-hatilah Agar Tidak Ketergantungan

Budhi Marpaung Official Writer
7890

Suplemen bagi masyarakat perkotaan ini adalah sebuah hal yang wajib untuk dikonsumsi. Bagaimana tidak, pekerjaan yang berat ditambah dengan jarangnya melakukan aktivitas olahraga membuat kita mau tidak mau memilih suplemen sebagai alternatif sumber kekuatan bagi tubuh. Namun, siapa yang menyangka bahwa suplemen ternyata dapat membuat orang yang mengonsumsinya menjadi ketergantungan.

Mungkin ada diantara Anda yang bertanya mengapa suplemen bisa membahayakan tubuh manusia? Jawabannya adalah karena seringkali kita mengonsumsi suplemen pada saat dimana kita tidak memerlukannya.

Suplemen yang kita konsumsi akan sangat berguna bagi diri kita apabila kita berada dalam kondisi seperti berikut:

1.Jika Anda dalam keadaan anemia

2. Kurang gizi karena tidak napsu makan

3. Orang yang terbaring sakit dalam jangka waktu yang lama

4. Baru sembuh dari sakitnya

5. Orang yang membutuhkan banyak tenaga akibat aktivitas yang padat

Salah satu kesalahan juga yang sering dibuat oleh orang-orang yang mengonsumsi suplemen adalah mengonsumsi suplemen dengan dosis yang tinggi. Hal ini tidak lah baik karena ini bisa dianggap sebagai perilaku berlebihan dan sebagaimana yang kita tahu segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik.

Jika Anda adalah pengonsumsi vitamin C, usahakanlah mengonsumsinya kurang dari 1000 mg karena itulah batas tubuh Anda dapat menampung vitamin C. Bila Anda mengonsumsi vitamin C melebihi 1000 mg terutama dengan kondisi konsumsi air putih yang kurang, maka itu akan dapat menyebabkan munculnya batu ginjal pada tubuh Anda.

Setelah Anda mengetahui harus seperti apa mengonsumsi suplemen, ada baiknya juga Anda mengetahui bagaimana memilih suplemen dengan benar. Berikut tipsnya:

1.Teliti dan selektif, baca terlebih dahulu kandungan dan aturan pakai

2. Carilah info kesehatan dari sumber-sumber terpercaya untuk menambah wawasan dan mencegah kesalahan persepsi

3. Ingatlah bahwa kondisi tubuh setiap orang berbeda. Begitu pula dengan kebutuhannya

4. Konsultasilah ke dokter jika Anda ragu terhadap suatu suplemen

Segala sesuatu yang kita konsumsi akan menguntungkan tubuh kita bila kita mendapatkan informasi yang tepat mengenai apa yang kita konsumsi tersebut. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang ingin sehat dan bugar setiap harinya.

Sumber : info-sehat.com
Halaman :
1

Ikuti Kami