Bartender

Career / 8 July 2010

Kalangan Sendiri

Bartender

Lois Official Writer
22636

Seorang bartender (disebut juga sebagai barkeeper, barkeep, barman, barmaid, atau tapster dan masih banyak lainnya) adalah seorang yang menyediakan minuman di belakang bar, pub, café di hotel atau tempat-tempat yang fungsinya sama seperti bar. Hal ini juga termasuk minuman beralkohol seperti bir, wine, dan koktail, walaupun ada juga minuman ringan dan minuman yang tidak beralkohol.

Selain menyediakan minuman kepada para tamu, bartender juga bertugas :

Menerima pembayaran dari para tamu

Memperhatikan semua jenis gelas yang digunakan untuk menyediakan minuman (namun bila bar-nya cukup besar, biasanya ada yang membantu dalam hal ini).

Salah satu tugas unik dari seorang bartender adalah dia harus mampu menyediakan berbagai jenis minuman yang diramu menjadi satu minuman yang sedap.

Apalagi sekarang ini, banyak bar yang mencari seorang bartender yang ahli dalam menunjukkan aksi menggunakan botol dalam menyediakan minuman kepada tamu-tamunya. Namun, seorang bartender yang baik yaitu dengan menjadi pendengar yang baik bagi para tamunya. Mereka dapat mengingat minuman apa yang disukai oleh para langganannya sehingga para langganan disenangkan dan merasa nyaman bila berada di sana. Bartender yang baik juga mengingatkan pelanggannya bila sudah mengkonsumsi alkohol terlalu banyak.

Jika Anda benar-benar hobi dalam mencampur berbagai alkohol, Anda bisa belajar di Sekolah Tinggi atau Universitas yang mempunyai bidang ilmu pariwisata dan perhotelan. Dalam bagian perhotelan, selain cara memasak, Anda juga diajarkan untuk mencampur minuman tersebut. Namun, Anda juga bisa belajar secara otodidak jika Anda benar-benar berminat.

Di jaman sekarang ini, orang-orang yang berhubungan dengan dunia malam selalu mendapat pandangan negatif dari orang-orang sekitar. Profesi sebagai bartender tidak banyak diminati orang kecuali bagi mereka yang menyenangi dunia hiburan dan tempat-tempat dimana mereka bisa bertemu dengan banyak orang.

Mengenai gaji yang didapatkan oleh seorang bartender, tidaklah banyak. Malahan, rata-rata tip yang didapatkan oleh seorang bartender lebih besar jumlahnya daripada gaji yang didapat setiap bulannya. Karena itu, untuk menjadi seorang bartender sangat diperlukan sikap yang ramah dan selalu senyum senantiasa.

Sumber : wikipedia/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami