Dibuka Laundry Pencucian Uang Dolar

Dibuka Laundry Pencucian Uang Dolar

Lois Official Writer
3460

Banyak rakyat Zimbabwe yang sudah tidak percaya lagi dengan mata uang negara sendiri yang nilainya sudah terlalu rendah sejak negeri itu dilanda inflasi miliaran persen selama beberapa tahun terakhir.

Dengan restu pemerintah sejak tahun lalu, mereka akhirnya menggunakan dolar Amerika sebagi mata uang alternatif. Itulah sebabnya banyak uang kertas pecahan $1 yang beredar di Zimbabwe.

Masalah selanjutnya yang beredar adalah di wilayah-wilayah kumuh, yang menjadi sarang kriminalitas, banyak orang yang mengincar uang dolar Amerika tersebut. akhirnya, uang $1 pun sering hinggap di balik pakaian dalam maupun di dalam sepatu. Tak heran, bila uang kertas bergambar George Washington itu banyak yang kumal dan baunya tak karuan.

Karena masalah seperti itu, akhirnya hampir semua bank dan tempat bisnis di Zimbabwe tidak mau menerima uang dolar yang lecek, kumal dan bau tersebut. Saat ekonomi sedang susah, rakyat Zimbabwe pun mendapatkan pemecahan masalah yang cukup sederhana namun unik. Sama seperti mencuci baju, uang-uang kertas itu dibersihkan dalam mesin cuci selama 45 menit sebelum akhirnya dijemur. Hasilnya, uang dolar tersebut tampak lebih bersih dan tidak lagi berbau apek.

Sejumlah pebisnis di sana, seperti Alex Mupondi, melihat peluang ini. Mupondi sebenarnya memang pengelola jasa binatu. Namun, dia mengaku mendapat usul brillian dari sejumlah pelanggan agar memanfaatkan mesin cucinya untuk membersihkan uang dolar.

Dalam eksperimen yang dilakukan, mesin cuci ternyata bisa digunakan untuk mencuci uang kertas dalam jumlah kertas dan hasilnya lebih bagus ketimbang menggunakan tangan. Asalkan mesin cuci harus dikondisikan secara tepat agar perputaran rotor tidak terlalu kencang sehingga bisa merusak uang kertas.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami