Tekuk Uruguay 3-2, Belanda Melaju ke Final

Nasional / 7 July 2010

Kalangan Sendiri

Tekuk Uruguay 3-2, Belanda Melaju ke Final

Budhi Marpaung Official Writer
3395

Seperti telah diprediksi oleh banyak pengamat sepakbola negeri ini, tim nasional sepak bola Belanda akhirnya mampu mengalahkan tim asal benua Amerika, Uruguay di putaran semifinal Piala Dunia 2010 dengan skor tipis 3-2.

Wesley Sneijder yang mencetak satu gol pada malam itu pun ditetapkan FIFA sebagai man or the match.

Pada pertandingan yang berlangsung di Green Point Stadium, Rabu (7/7) dini hari, kedua tim bermain dengan tempo yang sedang.

Uruguay yang tidak diunggulkan langsung menyerang pada menit-menit awal. Mengandalkan Diego Forlan dan Edinson Cavani sebagai ujung tombak, tim asuhan Oscar Tabarez menebar ancaman ke pertahanan Belanda, akan tetapi kuatnya barisan belakang yang digalang oleh Giovanni Van Bronckhorst membuat serangan anak-anak Uruguay selalu tidak membuahkan hasil.

18 menit waktu berjalan, gol akhirnya tercipta. Kapten tim Belanda, Van Bronckhorst yang berdiri bebas melepaskan tendangan jauh dari luar kotak penalti ke gawang Uruguay. Penjaga gawang Uruguay Fernando Muslera yang berusaha keras menahan laju bola ternyata gagal melakukan tugasnya dengan baik sehingga bola masuk ke gawangnya dan mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan Belanda.

Uruguay sempat menyamakan kedudukan setelah sepakan Diego Forlan dari jarak 25 yard pada menit 41 tidak mampu ditahan oleh Maarten Stekelenburg. Kedudukan 1-1 bertahan hingga wasit membunyikan peluit tanda babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, baik Belanda maupun Uruguay sama-sama tidak terlalu banyak mengubah permainan. Tim Oranye yang bermain sangat rapi hari itu akhirnya dapat menambah gol pada menit ke-70 dan 73 lewat aksi Wesley Sneijder dan Arjen Robben.

Ketinggalan dua gol tidak membuat Uruguay menyerah. Lewat kesabaran bermain, satu gol balasan berhasil dibuat Diego Forlan cs pada masa injury time. Namun, gol tersebut ternyata tidak cukup untuk membuat pertandingan dilanjutkan hingga perpanjangan waktu. Uruguay pun harus menerima pil pahit tidak dapat masuk ke perebutan juara 1 dan 2 Piala Dunia 2010.

Dengan kemenangan tim Belanda, maka sudah dapat dipastikan bahwa PD 2010 menyajikan all European final. Di partai puncak nanti, Belanda akan menunggu calon lawannya yang dini hari nanti bermain di putaran semifinal kedua yakni Jerman atau kah Spanyol.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami