Bagaimana Cara Menyikapi Kegagalan?

Bagaimana Cara Menyikapi Kegagalan?

Lois Official Writer
2273

Mungkin banyak dari kita yang saat ini sedang mencoba berwiraswasta maupun berinvestasi namun seringkali mendapati usaha kita gagal di tengah jalan padahal sudah banyak modal keluar, waktu yang digunakan. Perasaan frustasi, sedih, kecewa, dan bingung menjadi teman. Jadi apa yang harus kita lakukan untuk menyikapi hal ini? Inilah yang bisa dilakukan yaitu :

Mengambil jeda waktu sejenak untuk merenungkan dan menelusuri kembali apa yang telah dilakukan mulai dari pertama kali usaha / investasi sampai sekarang. Waktu jeda ini sangat efektif untuk menurunkan tensi emosi kita agar lebih jelas memandang sebuah persoalan dengan lebih objektif dan tidak terbawa nafsu. Sebelumnya, mungkin Anda perlu refreshing sejenak.

Menganalisa kinerja bisnis. Lihat dan analisa apa saja letak kelebihan dan kekurangan strategi bisnis yang sedang kita jalankan. Dan telusuri adakah strategis yang lebih baik dari yang sekarang kita lakukan. Jika Anda berinvestasi, maka analisa apakah investasi yang Anda kerjakan sudah benar.

Minta nasihat. Biasanya jika pikiran sudah buntu dan tidak dapat mencari solusi yang tepat, satu-satunya cara adalah dengan meminta nasihat dari orang lain. Mintalah nasihat dari orang yang berpengalaman dan berhasil di bidang yang sama dengan bidang yang Anda geluti. Atau Anda bisa juga mencari sumber-sumber di internet, televisi, surat kabar, dari manapun yang bisa Anda dapatkan apa yang membuat mereka berhasil.

Mencanangkan target. Tentukanlah target minimal dan maksimal dari strategi yang kita jalankan. Tentukan juga target jangka pendek dan jangka panjang dari usaha yang sudah Anda lakukan. Hal ini diperlukan untuk mengetahui apakah trend bisnis yang Anda jalankan sudah tepat dan jika Anda berinvestasi, Anda dapat melihat apakah Anda salah memilih investasi maupun pelaku investasi.

Jangan lupa untuk selalu bersyukur untuk segala sesuatu hal yang terjadi dalam kehidupan kita kepada Tuhan. Tetap serahkan semuanya kepada Tuhan, karena Anda tahu pasti, Tuhan mengerjakan segala sesuatu yang baik buat Anda. Jangan menyerah untuk mencoba. Tetap berpikir positif dan terus maju.

Sumber : tipsinvestasi/lh3

Ikuti Kami