Rambut Napoleon Dilelang di New Zealand

Nasional / 1 July 2010

Kalangan Sendiri

Rambut Napoleon Dilelang di New Zealand

Lois Official Writer
2397

Sebagian kecil rambut Napoleon yang dipotong setelah dia meninggal pada tahun 1821 di St. Helena oleh Denzil Ibbetson, dilelang di New Zealand dengan penawar tertinggi sekitar Rp 56 juta.

Para penawar rambut Napoleon itu antara lain berasal dari Inggris, Perancis, Lithuania, Hongkong, dan Amerika Serikat melalui telepon. Rambut Napoleon ini dijual oleh keluarga keturunan Ibbetson, orang yang memotong rambut Napoleon tersebut.

Untuk barang lainnya, lukisan dan sketsa cat air yang menggambarkan tempat tidur yang ditiduri oleh Napoleon terakhir kalinya yang dilukis oleh Ibbetson terjual dengan nilai Rp 132 juta kepada seorang pembeli yang berasal dari London. Kuncit (aksesoris) rambut yang dipakai Napoleon pun terjual dengan harga Rp 120 juta. Hasil keseluruhan mencapai hampir Rp 900 juta.

Banyak hal yang terjadi di sekeliling Napoleon. Banyak komunitas pecinta Napoleon, banyak buku yang dijual setiap tahunnya yang menceritakan tentang kehidupan Napoleon, ada banyak hal. Ibbetson pun, seorang seniman yang mempunyai banyak talenta, banyak juga melukiskan dan menggambarkan Napoleon yang datang khusus ke New Zealand dengan anaknya pada tahun 1860.

Seorang pelelang asal Perancis membeli sketsa tentang rumah Napoleon di St. Helena, bernama Rumah Longwood, ingin mengembalikan hasil karya tersebut untuk dilestarikan kembali oleh Longwood House.

Sumber : telegraph/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami