FoodHub, Jejaring Bagi Produsen dan Konsumen

Investment / 29 June 2010

Kalangan Sendiri

FoodHub, Jejaring Bagi Produsen dan Konsumen

Puji Astuti Official Writer
2502

Menemukan pasar atau konsumen bagi produk yang dihasilkan dengan harga yang tepat bukanlah perkara yang mudah bagi para petani dan peternak.  Ide inilah yang memunculkan FoodHub, sebuah website yang menghubungkan para petani, peternak bahkan nelayan di Barat Laut Pasifik dan beberapa wilayah lainnya.

Website yang dibuat oleh Portland, Ore., ini merupakan sebuah web nonprofit yang peduli lingkungan dan di luncurkan pada akhit tahun lalu. Bagi para penjual makanan, FoodHub menawarkan cara mudah agar para pembelinya mengenal produk mereka dengan labih baik, produk apa saja yang tersedia, dan bagaimana menghubungi penjual untuk menyelesaikan pembelian.

Bagi para pembeli bahan makanan, seperti restoran, sekolah umum, super market, catering, dan rumah sakit, FoodHub memberikan data produk makanan yang mereka butuhkan. Mesin tanya (search engine) yang tersedia membantu mereka mencari produk secara spesifik yang mereka butuhkan.

Di web ini, baik para penjual dan pembeli harus membayar biaya keanggotaan sebesar 100 dolar, setelah itu pembeli dan penjual dapat membuat profile online. Sementara itu pusat pemberitaan FoodHub akan menghubungkan mereka.

“FoodHub ini di desai menjadi tempat belanja serba ada untuk para koki yang membuatuhkan enan lusin bahan khusus untuk sebuah menu special, para pembuat roti yang ingin gandum lokal, atau sebuah institusi besar yang membeli bahan-bahan dari sebuah peternakan yang terpercaya,” demikian jelas Deborah Kane, Vice Presiden Ecotrust, program Food & Farm.

Saat ini FoodHub melayani para pembeli dan penjual di daerah Alaska, California, Idaho, Montana, Oregon dan Washington.

Ide menghubungkan para petani, peternak dan nelayan ini adalah sebuah ide yang bagus untuk Indonesia yang merupakan negera agraris. Salah satu kelemahannya adalah masyarakat agraris Indonesia yang sebagian besar berada di pedesaan masih belum terbiasa menggunakan tehnologi internet. Namun jika bisa dilakukan edukasi yang baik, sistem yang mudah, maka konsep FoodHub ini akan menyejahterakan para petani, peternak dan nelayan Indonesia. Sebuah tantangan untuk Anda yang berjiwa wirausahawan, apakah Anda akan mencobanya? Keputusan ditangan Anda.

Sumber : springwise.com
Halaman :
1

Ikuti Kami