Lobster, Sehatkah Bagi Tubuh?

Gizi & Nutrisi / 27 June 2010

Kalangan Sendiri

Lobster, Sehatkah Bagi Tubuh?

Lois Official Writer
4299

Banyak orang yang sangat suka makan suatu jenis makanan karena rasanya yang lezat. Tapi makanan yang lezat belum tentu sehat, dan juga makanan sehat belum tentu lezat. Bagaimana dengan lobster?

Tingkat kandungan merkuri

Tidak seperti ikan pedang, ikan hiu, dan king mackerel yang mengandung merkuri tingkat tinggi, lobster malah sebaliknya. Lobster mengandung merkuri secara alami seperti yang terdapat dalam semua ikan.

Parasit dan virus

Beberapa dokter berpikir bahwa lobster mengandung parasit dan virus, tapi mereka tidak melihat bahwa semua makhluk hidup juga mengandung parasit dan virus. Kuncinya adalah memasak daging dengan baik sebelum makan. Hal ini dapat menghilangkan semua bakteri dan kuman.

Pemakan makanan busuk

Lobster sebagai pemakan makanan busuk ini menimbulkan anggapan bahwa lobster tidak sehat untuk tubuh. Tapi hal itu sama sekali tidak benar. Bahkan, sama seperti manusia yang tidak mau makan daging busuk dan basi dan lebih memilih daging segar, lobster juga begitu. Lobster makan ikan hidup, kerang, tiram, dan kepiting.

Setelah kita mengetahui bahwa argumen-argumen selama ini yang ada pada lobster ternyata salah, kita yakin bahwa kita bisa memakan lobster. Namun, apakah lobster sehat untuk dikonsumsi, apakah mengandung banyak nutrisi di dalamnya?

Protein

Protein penting bagi tubuh kita untuk energi dan pemantapan produksi gula darah. Protein juga membantu menurunkan berat badan dan lobster merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik. Kandungan protein pada lobster lebih banyak daripada protein dalam ayam dan juga daging lobster tidak memiliki kalori yang banyak seperti ayam atau sapi.

Asam lemak omega 3

Daging lobster mengandung asam lemak omega 3 dalam jumlah tinggi, yang berguna untuk mencegah penyakit jantung dan menjaga kesehatan jantung. Orang-orang yang beresiko tinggi terhadap gangguan jantung, mendapatkan manfaat dari lobster karena kandungan omega 3 di dalamnya.

Membantu menurunkan berat badan

Lobster dapat membuat orang lebih sehat dan lebih baik. Sebuah pilihan yang sempurna bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan karena lobster sangat rendah lemak dan kalori, tetapi memberikan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Nutrisi lainnya

Daging lobster mengandung kalium, seng, vitamin B12 dan selenium. Semua itu sangat penting bagi tubuh. Mengkonsumsi daging lobster sama halnya dengan mengkonsumsi multivitamin tablet atau suplemen kesehatan.

Jadi, lobster sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Asal ingat satu hal. Dalam mengkonsumsi apapun, semuanya jangan berlebihan. Sebab segala sesuatu yang berlebihan atau kekurangan tidak akan baik akibatnya.

Sumber : detikcom/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami