Sepeda Raksasa Ala Insinyur Mesin

Nasional / 24 June 2010

Kalangan Sendiri

Sepeda Raksasa Ala Insinyur Mesin

Lestari99 Official Writer
2613

Beberapa saat yang lalu jejaring Youtube sempat heboh dengan hadirnya video sepeda dengan ban raksasa buatan Wouter Van den Bosh (29) yang berasal dari Arnhem, Belanda. Video Bosh setiap hari diunduh hampir 600.000 pengunjung.

Sepeda raksasa ini diciptakan Bosh saat ia memasuki tahun terakhir dalam meraih gelar magister seninya. Dengan membuat contoh gambar sepeda, insinyur mesin ini membangun sepeda seberat 450 kilogram dengan ban raksasa atau ban traktor selama lebih kurang tiga bulan.

Untuk menopang dan menjalankan roda raksasa tersebut, rangka sepeda dibuat dari tabung baja. Semua bahan Bosh didapatkan dari sumbangan teman-temannya dan juga dari perusahaan. Dan hasilnya? Luar biasa!!

Agar ringan dalam mengayuh sepeda ciptaannya, Bosh memasang alat bantu yang digerakkan secara mekanis. Ketika Bosh pertama kali menggunakan sepeda raksasanya ke tempat umum, sepeda uniknya langsung menarik perhatian banyak orang. Ada yang terlihat takjub namun ada juga yang memaki karena merasa perjalanannya terganggu.

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami