Saatnya Misa Pakai iPad, Nih!

Nasional / 21 June 2010

Kalangan Sendiri

Saatnya Misa Pakai iPad, Nih!

Lois Official Writer
2734

iPad dikenal dan diincar oleh masyarakat luas. Apple pernah mengabarkan bahwa sistem komputer mereka sempat down karena banyaknya permintaan pembelian iPad. iPad mempunyai banyak fungsi yang membuat ‘ngiler’ para pecinta gadget. Semua orang sepertinya berlomba-lomba membeli perangkat ini. Mulai dari yang hanya gaya-gayaan, hingga si pemakai yang tahu betul kegunaan iPad dan juga ada yang berinovatif seperti Pastor yang bernama Paolo Padrini ini.

Paolo Padrini adalah seorang pastur di Italia yang kini menjabat sebagai konsultan di Dewan Kepausan untuk Komunikasi Sosial di Gereja Vatikan membuat aplikasi di iPad yang fungsinya sama dengan buku liturgi agar dapat digunakan di berbagai negara. Aplikasi tersebut akan tersedia gratis mulai Juli dalam Bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, Italia, dan Latin. Saat ini Pastur Paolo menggunakan iPad sebagai pengganti buku liturgy saat memimpin misa di gereja Katolik.

Dua tahun lalu, Padrini melakukan terobosan untuk mentransformasikan buku konvensional yang dipakai gereja-gereja ke dalam perangkat digital. Dia membuat aplikasi untuk iPhone bernama iBrievary yang berisi buku doa harian yang digunakan para pastor selama ini. Sampai sekarang, aplikasi ini sudah diunduh 200.000 kali.

Karena kesuksesan iBrievary, Padrini direkrut Gereja Vatikan untuk menjalankan program yang menyasar generasi muda.

Aplikasi untuk iPad mirip dengan iBrievary, namun lebih lengkap karena berisi bacaan dan lagu yang dinyanyikan selama misa sepanjang tahun. Padrini menjanjikan bakal menyediakan fitur audio komentar-komentar dan saran untuk homili serta iringan musik.

“Buku dalam bentuk cetak tidak akan pernah hilang. (Namun), kita seharusnya tidak usah mempersalahkan kehadiran perangkat baru di latar untuk mendukung ritual berdoa,” ujar Padrini. Ia meyakini hadirnya aplikasi di perangkat seperti itu membantu para pastur yang sering berkeliling dari satu tempat ke tempat lain.

Siapa yang bilang bahwa Vatikan itu isinya hanya orang-orang kuno. Padrini membuktikan bahwa setiap teknologi, kalau dipakai dengan benar, dapat memuliakan Tuhan dan membuat orang lain terbantu.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami