Wisman Eropa ke Indonesia Meningkat

Nasional / 20 June 2010

Kalangan Sendiri

Wisman Eropa ke Indonesia Meningkat

Lois Official Writer
2102

Jumlah wisatawan mancanegara asal Eropa yang ke Indonesia mengalami kenaikan meski kawasan itu sedang dilanda krisis. Tercatat jumlah wisman asal Eropa untuk negara-negara pasar utama seluruhnya mengalami pertumbuhan positif pada periode Januari-April 2010 yakni wisman Inggris tumbuh 15.71 persen (55.183 orang), Belanda 19.96 persen (41.290), Jerman tumbuh 7.76 persen (38.324), Rusia tumbuh 4.98 persen (29.307) dan Perancis tumbuh 1.05 persen (38.743).

“Semua pasar utama kita di Eropa pada periode Januari-April 2010 mengalami kenaikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” demikian ungkap Direktur Promosi Luar Negeri Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar), I Gede Pitana Brahmananda di Jakarta.

Secara keseluruhan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada periode Januari – April 2010 jumlah kunjungan wisman ke Indonesia tumbuh 14.47 persen atau sebanyak 2.167 juta dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pitana juga mengatakan bahwa pihaknya tidak dapat menganalisis secara pasti dampak krisis Eropa terhadap jumlah kunjungan turis Eropa ke tanah air. “Saya tidak bisa mengambil kesimpulan bahwa krisis Eropa itu mempengaruhi jumlah wisman, tapi harus dicatat bahwa krisis itu bukan berarti tidak ada pengaruhnya.”

“Kami terus melakukan berbagai upaya promosi agar target kunjungan 7 juta wisman sampai tutup tahun tercapai,” demikian kata I Gde Pitana Brahmanda menjelaskan.

Sudah saatnya Indonesia meningkatkan konsentrasi di bidang pariwisata, karena begitu banyak keanekaragaman alam dan budaya yang bisa kita banggakan pada masyarakat luar. Jangan sampai ada kebudayaan kita yang diambil oleh negara lain dan mengaku sebagai kebudayaannya. Saatnya pariwisata Indonesia bangkit dan dikenal dunia.

Sumber : mediaindonesia/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami