Antropolog

Career / 17 June 2010

Kalangan Sendiri

Antropolog

Lois Official Writer
3607

Seorang antropolog mengabdikan hidupnya untuk mempelajari bidang antropologi. Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Antropologi muncul karena berawal dari ketertarikan orang Eropa yang melihat ciri-ciri fisik, adat istiadat, budaya yang berbeda dari apa yang dikenal di Eropa.

Antropologi lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal, tunggal dalam arti kesatuan masyarakat yang tinggal di daerah yang sama, antropologi mirip sosiologi tetapi sosiologi lebih menitikberatkan pada masyarakat dan kehidupan sosialnya. Antropologi berasal dari kata Yunani ‘anthropos’ yang berarti manusia atau orang dan ‘logos’ yang berarti ilmu.

Salah satu antropolog yang ada di Indonesia adalah DR. Nurmala Kartini Pandjaitan Sjahrir yang lahir di Simangala HUtanamora, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara pada tanggal 1 Februari 1950. kartini lulus Sarjana Antropologi dari Universitas Indonesia. Bila Anda tertarik untuk mempelajari ilmu antropologi ini, berarti Anda bisa mempelajarinya di UI dan juga universitas lainnya yang menawarkan gelar sarjana bidang antropologi kepada Anda.

Mengenai gaji, tidak ada keterangan pasti yang bisa dijadikan patokan. Antropolog harus benar-benar mencintai segala sesuatu tentang peradaban manusia sehingga bisa dikatakan, seorang antropolog mau dan mampu mengarungi setiap rintangan demi mencari sesuatu kebudayaan yang ingin dia ketahui. Antropolog tidak mementingkan penghasilan (walau hal itu juga penting bagi kelangsungan penelitiannya), namun yang lebih penting adalah hasil apa yang sudah dia capai.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami